Senin, 31 Agustus 2015

AUDITRIAL MANAJEMEN ADMINSTRASI PENDIDIKAN



AUDIT TRIAL PENELITIAN
Tanggal
Pertanyaan
Responden
Jawaban Responden
5 Mei 2014




1.   Apakah setiap ada seleksi bapak selalu berpedoman kepada peraturan ?

Ketua STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah
Iya, namun tidak semua pedoman seleksi itu dapat kami jalankan.








2.      Bagaimana sistem seleksi, sumber daya manusia STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah?


3.      Bagaimana sistem penempatan dan pembinaan sumber daya manusia nya?







Ketua STKIP Muhammadiyah















Sistem seleksi calon dosen pada STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah yakni dengan pemeriksaan rekomendasi, wawancara dan pengambilan keputusan.




Sistem penempatan dosen berdasarkan kebutuhan jurusan  sementara sistem pembinaan yakni melalui :
a.       Menugaskan dosen senior untuk membina dan membimbing dosen junior.
b.      Memberikan kesempatan belajar (studi lanjut) bagi dosen-dosen
c.       Mengadakan kegiatan ilmiah dalam bentuk diskusi dan seminar kecil serta mengirim mereka dalam kegiatan pelatihan dan penataran untuk memperluas wawasan terutama dalam hal kemampuan mengajar dan mendorong mereka untuk terus meningkatkan kemampuan mereka.



5 mei 2014
4.      Apakah bapak pernah membentuk tim pertimbangan calon dosen pada saat melakukan seleksi ?





Pernah, namun tim panitia tersebut tidak sepenuhnya bekerja maksimal.


sda




5.      Apakah  ada dalam pencalonan dosen terdapat hambatan ?

Ada, terutama jika ada calon dosen yang direkomendasikan oleh orang tua calon dosen  yang sangat penting keberadaan nya dikampus tersebut, misalnya donator kampus, ataupun orang telah banyak berjasa dalam kampus tersebut.
Tanggal
Pertanyaan
Responden
Jawaban  Responden

Perencanaan Pengadaan dosen



6 Mei 2014












1.      Dalam usaha mendapatkan tenaga dosen yang bermutu, bagaimana usaha bapak untuk menyeleksi tenaga dosen STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah?




2.      Bagaimana proses seleksi penerimaan dosen pada STKIP Muhammadiyah?






3.      Bagaimana usaha bapak dan dosen  untuk meningkatkan jenjang pendidikannya? 







4.      Bagaimana proses seleksi penerimaan dosen pada STKIP Muhammadiyah?









Puket I




















Puket I





















Usaha yang dilakukan dengan menggunakan sumber internal, yaitu para dosen atau pegawai yang menginformasikan kepada teman atau kenalan.









Proses seleksi yang kami lakukan adalah pemeriksaan rekomendasi, wawancara dan pengambilan keputusan yang berdasarkan kekerabatan, dan ini kami lakukan hanya formalitas saja.





Pihak STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah menyadari bahwa untuk meningkatkan kualitas tenaga dosen salah satu caranya adalah dengan meningkatkan jenjang pendidikan tenaga dosen untuk mengikuti program S2dan S3, karena keterbatasan dana maka STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah juga menjalin kerjasama dengan DIKTI yang jumlahnya sangat terbatas.





Proses seleksi penerimaan dosen STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah melalui beberapa cara yaitu : Pemeriksaan Rekomendasi, wawancara dan pengambilan keputusan.  
Tanggal
Pertanyaan
Responden
Jawaban Responden

6 Mei 2014

1.      Apakah Penghasilan sebagai dosen mencukupi?




2.      Bagaimana usaha bapak dan dosen pada STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah untuk meningkatkan kualitas tenaga dosen?




Puket II

Penghasilan kami sebagai dosen sangat kecil, sehingga banyak para dosen-dosen mencari pekerjaan tambahan diluar, guna memenuhi kebutuhan keluarganya.




Kami menyadari bahwa untuk meningkatkan kualitas tenaga dosen salah satu cara adalah untuk mengikuti program S2 dan S3 dan hal ini diharapkan dapat meningkatkan pendidikan kearah yang lebih baik.
Tanggal
Pertanyaan
Responden
Jawaban Responden





12 Mei 2014










Apa yang menjadi pedoman penugasan dosen STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah






1.      Dalam usaha mendapatkan tenaga dosen yang bermutu, bagaimana usaha bapak untuk merekrut tenaga dosen STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah?


2.      Apa yang menjadi perbedaan beban mengajar dosen STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah?




3.      Apakah ada perubahan pada dosen setelah mengikuti diklat?









4.      Menurut bapak apakah kegiatan pembelajaran dosen memiliki kelengkapan administrasi yang cukup  baik?

Ketua Prodi











Penugasan dosen STKIP Muhammadiyah Aceh Tengah berpedoman pada pengalaman dosen dalam memegang mata kuliah, kompetensi pendidikan dan juga kinerja dosen, dengan demikian hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran dapat terwujud.





Perbedaan beban mengajar ini terjadi karena hanya sedikit jurusan, sedangkan dosennya lumayan banyak.







Kita menyadari ada dosen yang rajin hadir dalam melaksanakan tugasnya, tetapi tidak memiliki kemampuan dalam menyampaikan ilmu pengetahuan nya kepada mahasiswa, umumnya dosen seperti ini adalah dosen senior dan dari segi umur, tetapi mereka tidak memiliki keinginan dan kemampuan untuk menambah ilmu pengetahuannya, kita berupaya untuk mengikut sertakan mereka dalam kegiatan pelatihan dan diklat-diklat, tetapi hasilnya tidak memuaskan setelah mereka mengikuti pelatihan dan diklat.




Masalah kelengkapan administrasi dan pengajaran dosen, hanya sebagian dosen yang miliki seperti daftar hadir mahasiswa, daftar nilai, SAP,dan arsip soal. Dan beberapa dosen yang lain kelengkapan ini hanya ada salah satunya saja.


Tanggal
Pertanyaan
Responden
Jawaban Responden





8 juli 2014

1.      Bagaimana waktu yang disediakan dalam wawancara?




2.      Apakah hasil tes dipublikasikan?





3.      Apakah mata kuliah yang bapak/ibu ajarkan sesuai dengan latar belakang pendidikan sebelumnya?


Dosen

Pada saat kami mengikuti seleksi wawancara kami hanya ditanyai dengan pertanyaan yang tidak terlalu rumit, dan waktunya pun tergesa-gesa, jadi tidak banyak waktu yang kami butuhkan untuk menjawab pertanyaan.



Hasil tes nya tidak dipublikasikan, namun kalau kami memenuhi kriteria, mereka akan memberikan surat panggilan kepada kami, ataupun mereka akan diberitahu oleh keluarga kami yang ada didalam kampus.



Mata kuliah yang saya asuh sebenarnya sudah sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, tetapi ada diantara dosen mata kuliah yang mereka asuh tidak sesuai dengan latarbelakang pendidikannya, mata kuliah ini tidak ada yang mau mengasuh nya dengan alasan tidak sanggup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar