Selasa, 01 September 2015

contoh TOR ( Term Of Reference)



Term Of Reference (TOR)
Pelatihan Penggunaan TIK”
Dengan Tema :
Pengembangan Model Pembelajaran Teknologi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru MTsN Angkup Takengon

I.       LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke, di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “online” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya.
TIK telah mengubah wajah pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran tradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka guru dengan siswa dengan baik dikelas maupun diluar kelas. Dimasa-masa mendatang, arus informasi akan semakin meningkat melalui jaringan internet yang bersifat global diseluruh dunia dan menuntut siapapun untuk beradaptasi dengan kecendrungan tersebut jika tidak ingin ketinggalan zaman. Dengan kondisi demikian maka pendidikan khususnya proses pembelajaran cepat atau lambat tidak dapat terlepas dari keberadaan komputer dan internet sebagai alat bantu utama. Dalam situasi seperti ini, guru sebagai fasilitator pembelajaran dituntut kemampuannya dalam menggunakan teknologi, dengan demikian adanya TIK dapat meningkatkan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik.
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran saat ini terus berkembang. Bahan belajar merupakan elemen penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pembelajaran. Untuk itu, maka kemampuan seorang guru dalam mengembangkan bahan belajar berbasis TIK menjadi sangat penting. Upaya-upaya peningkatan kompetensi guru dan prestasi belajar siswa senantiasa terus menerus dilakukan oleh lembaga pendidikan, pada setiap faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Pengembangan pendidikan menuju TIK merupakan suatu keharusan agar standar mutu pendidikan dapat ditingkatkan, karena TIK merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas.
MTsN Angkup adalah salah satu lembaga pendidikan yang sedang berupaya memanfaatkan teknologi informasi ini dalam kegiatan belajar mengajarnya. Model pembelajaran TIK mulai diaplikasikan sejak awal pembelajaran dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi guru yang berdampak pada kualitas belajar mengajar serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga dilakukan pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Teknologi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kompetensi guru pada MTsN Angkup.
II.            TUJUAN KEGIATAN        
Terciptanya tenaga pendidik yang memiliki kemampuan dalam pengembangan model pembelajaran dengan menggunakan TIK untuk meningkatkan kompetensi guru.

III.           PELAKSANA DAN PESERTA
1.    PELAKSANA

Pelaksana pelatihan ini adalah MTsN Angkup
2.    PESERTA

Adapun peserta dalam pelatihan ini adalah seluruh guru MTsN Angkup Kabupaten Aceh Tengah.

IV.          PELAKSANAAN
Kegiatan ini direncanakan pada hari........tanggal..........bertempat di MTsN Angkup Takengon.

V.           TARGET
Berubahnya pola pikir serta kepedulian semua pihak terutama dalam dunia pendidikan, dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta keperdulian dalam  mengembangkan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar terutama dalam pemanfaatan TIK.

VI.       TUTOR
1.    Dan, S. Ag ( kepala MTsN Angkup)
2.    Zuyyina, M. Pd ( Wakamad Kurikulum MTsN Angkup)

VII.      MATERI KEGIATAN
1.    Pengenalan

VIII.          JADWAL KEGIATAN
Terlampir








IX.          PENUTUP
            Demikian Term Of Reference/Kerangka Acuan Kegiatan ini dibuat dan mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah memberi dorongan moril atau materil kepada kami sehingga kami memiliki keberanian untuk berpartisipasi dalam kegiatan dalam pelatihan ini.



Angkup, .............................
Panitia Pelaksana Kegiatan



(............................................)                                                          (............................................)
               Ketua                                                                                       Sekretaris

Mengetahui
Kepala MTsN Angkup



D A N, S.Ag
 
 
JADWAL KEGIATAN
PELATIHAN  PENGGUNAAN IT”
NO
Hari/Tanggal
Pukul
Acara/Kegiatan
Materi
Penanggung Jawab
1
2
3
4
5
6


08.00-09.30
Pembukaan
-




































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar