Term
Of Reference (TOR)
“Pelatihan Penggunaan TIK”
Dengan
Tema :
“Pengembangan Model Pembelajaran Teknologi dan Komunikasi Untuk
Meningkatkan Kompetensi Guru MTsN Angkup Takengon”
I. LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh
terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Dengan
berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran
yaitu (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke, di mana dan
kapan saja, (3) dari kertas ke “online” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke
fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi
sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi
seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya.
TIK telah mengubah wajah pembelajaran yang berbeda dengan proses
pembelajaran tradisional yang ditandai dengan interaksi tatap muka guru dengan
siswa dengan baik dikelas maupun diluar kelas. Dimasa-masa mendatang, arus
informasi akan semakin meningkat melalui jaringan internet yang bersifat global
diseluruh dunia dan menuntut siapapun untuk beradaptasi dengan kecendrungan
tersebut jika tidak ingin ketinggalan zaman. Dengan kondisi demikian maka
pendidikan khususnya proses pembelajaran cepat atau lambat tidak dapat terlepas
dari keberadaan komputer dan internet sebagai alat bantu utama. Dalam situasi
seperti ini, guru sebagai fasilitator pembelajaran dituntut kemampuannya dalam
menggunakan teknologi, dengan demikian adanya TIK dapat meningkatkan kompetensi
guru sebagai tenaga pendidik.
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran saat ini terus berkembang. Bahan belajar
merupakan elemen penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
sebagai pembelajaran. Untuk itu, maka kemampuan seorang guru dalam mengembangkan
bahan belajar berbasis TIK menjadi sangat penting. Upaya-upaya peningkatan
kompetensi guru dan prestasi belajar siswa senantiasa terus menerus dilakukan
oleh lembaga pendidikan, pada setiap faktor yang dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa.
Pengembangan pendidikan menuju TIK merupakan suatu keharusan agar standar
mutu pendidikan dapat ditingkatkan, karena TIK merupakan satu penggunaan
teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas.
MTsN Angkup adalah salah satu lembaga pendidikan yang sedang berupaya
memanfaatkan teknologi informasi ini dalam kegiatan belajar mengajarnya. Model
pembelajaran TIK mulai diaplikasikan sejak awal pembelajaran dengan harapan
dapat meningkatkan kompetensi guru yang berdampak pada kualitas belajar
mengajar serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga dilakukan
pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Teknologi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kompetensi guru
pada MTsN Angkup.
II.
TUJUAN KEGIATAN
Terciptanya
tenaga pendidik yang memiliki kemampuan dalam pengembangan model pembelajaran
dengan menggunakan TIK untuk meningkatkan kompetensi guru.
III.
PELAKSANA
DAN PESERTA
1.
PELAKSANA
Pelaksana
pelatihan ini adalah MTsN Angkup
2.
PESERTA
Adapun peserta
dalam pelatihan ini adalah seluruh guru MTsN Angkup Kabupaten Aceh Tengah.
IV.
PELAKSANAAN
Kegiatan ini
direncanakan pada hari........tanggal..........bertempat di MTsN Angkup
Takengon.
V.
TARGET
Berubahnya pola pikir serta kepedulian
semua pihak terutama dalam dunia pendidikan, dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta
keperdulian dalam mengembangkan model
pembelajaran dalam proses belajar mengajar terutama dalam pemanfaatan TIK.
VI.
TUTOR
1.
Dan, S. Ag ( kepala MTsN Angkup)
2.
Zuyyina, M. Pd ( Wakamad Kurikulum MTsN Angkup)
VII.
MATERI
KEGIATAN
1.
Pengenalan
VIII.
JADWAL
KEGIATAN
Terlampir
IX.
PENUTUP
Demikian
Term Of Reference/Kerangka Acuan Kegiatan ini dibuat dan mudah-mudahan kegiatan
ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Terimakasih yang
tak terhingga kepada semua pihak yang telah memberi dorongan moril atau materil
kepada kami sehingga kami memiliki keberanian untuk berpartisipasi dalam
kegiatan dalam pelatihan ini.
Angkup, .............................
Panitia Pelaksana
Kegiatan
(............................................)
(............................................)
Ketua Sekretaris
Mengetahui
Kepala MTsN
Angkup
D A N, S.Ag
JADWAL KEGIATAN
“PELATIHAN PENGGUNAAN IT”
NO
|
Hari/Tanggal
|
Pukul
|
Acara/Kegiatan
|
Materi
|
Penanggung
Jawab
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
08.00-09.30
|
Pembukaan
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar