Sabtu, 14 Oktober 2017

RPP Bahasa Inggris kelas X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan    : MAN 2 Aceh Tengah

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris (Wajib)

Kelas /Semester         : X/1

Tahun Pelajaran       : 2017/2018

Alokasi Waktu           : 4JP (2 Pertemuan)



  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
    2. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1        Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
3.1.1.      Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.2.      Menyebutkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan untuk memaparkan jati diri
3.1.3.      Membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaanya.

4.1        Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.1.      Merespon teks lisan mengenai pemaparan jati diri
4.1.2.      Membuat percakapan tertulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri.
4.1.3.      Mendemonstrasikan percakapan mengenai pemaparan jati diri.



  1. Materi Pembelajaran
      1. Materi pembelajaran regular
        Teks lisan dan tulis mengenai deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat

  • Fungsi Sosial

Mengenalkan, menjalin hubungan interpersonal dengan teman dan guru

  • Struktur Teks

  • Memulai
  • Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

  • Unsur Kebahasaan

  • Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya; hobi, kebiasaan
  • Verbal: be, have, go, work, live (dalam simple present tense)
  • Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It
  • Kata ganti possessive my, your, his, dsb.
  • Kata tanya Who? Which? How? Dst.
  • Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
  • Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

      1. Materi pembelajaran pengayaan
        Membuat teks tertulis tentang jati diri
      2. Materi pembelajaran remedial
        Fungsi social teks tentang jati diri

  1. Metode Pembelajaran
    Pendekatan                       : Scientific Learning
    Model Pembelajaran         : Discovery Learning

  2. Media Alat dan Bahan Pembelajaran

  • Media :

    • Worksheet atau lembar kerja (siswa)
    • Lembar penilaian
    • Laboratorium bahasa madrasah
    • Perpustakaan madrasah


  • Alat/Bahan :

          • Penggaris, spidol, papan tulis
          • Laptop & infocus
          • Slide presentasi (ppt)

  1. Sumber Belajar:

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku guru Mata Pelajaran bahasa inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Buku teks pelajaran yang relevan



  1. Langkah-langkah Pembelajaran



1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )

Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Melakukan Chinese Whisper
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memaparkan dan menanyakan jati diri
ª  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan jati diri didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan jati diri
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar (kelompok A dan B)
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
 Orientasi peserta                    didik kepada    masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Pemaparan jati diri
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
v  Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Teks pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya
v  Mendengar
Pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya
v  Menyimak,
Ø  mencoba menirukan pengucapannya dan  menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jatidiri
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
Ø  Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jatidiri
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Ø  pengucapan dan isi teks yang memaparkan jati diri
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranta
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang pemaparan jati diri
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait
Ungkapan untuk memaparkan jati diri
v  Aktivitas
ª  Peserta didik mengerjakan tugas pada kegiatan membaca.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jatidiri
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ungkapan pemaparan jati diri
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jatidiri
Ø  menganalisis ungkapan memaparkan jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan
Ø  Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru
Ø  memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok

60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit



2.      Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )

Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memaparkan dan menanyakan jati diri
ª  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan jati diri didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan jati diri
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronouns
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronoun
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronoun
v  Mendengar
Peserta didik mendengarkan beberapa contoh penggunaan pronouns dalam pemaparan jati diri
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronouns
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronouns
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Apa perbedaan pronouns dalam bahasa Indonesia
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranta
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronouns
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait
Ungkapan untuk memaparkan jati diri
v  Aktivitas
ª  Mengerjakan tugas mengenai penggunaan pronouns pada buku teks.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronouns
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronouns
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronouns
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Jenis-jenis Pronouns
ª  Penggunaan pronouns
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit



  1. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

  1. Teknik Penilaian

  1. Penilaian Kompetensi Pengetahuan

  1. Tes Tertulis

  1. Pilihan ganda
  2. Uraian/esai

  1. Tes Lisan

  1. Penilaian Kompetensi Keterampilan

  1. Proyek, pengamatan, wawancara’

  • Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
  • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
  • Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi

  1. Portofolio / unjuk kerja

  • Laporan tertulis individu/ kelompok

  1. Produk,

  1. Instrumen Penilaian

          1. Pertemuan Pertama (Terlampir)
          2. Pertemuan Kedua (Terlampir)


  1. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

  1. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

  • Fungsi social teks pemaparan jati diri

  1. Pengayaan

  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

  • Membuat surat pemaparan jati diri melalui email






                                                                                                  


LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS

(Essay)

Complete the dialogues with the suitable expression!

  1. Bengi : “Hello! My name is Bengi. Nice to meet you”.
    Nadia: “………………..”

  2. Rio: “What did you buy in Serba ada Square?”
    Ika: “ I….a new shoes
  3. Vita: “hi! How is everything with you?”
    Lidia: “…………………”
  4. Change This sentence into the correct form!
    They drank Orange juice (+)
    …………………………...(-)
    ……………………………(?)
  5. He (eat ) Bakso last night.
    …………………………….


    Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran


Alternatif jawaban
Penyelesaian
Skor
1
Nice to meet you too
2
2
Bought
2
3
Not bad, thanks
2
4
They did not drink orange juice (-), did they drink orange juice (?)
2
5
Ate
2

Jumlah
10























LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan



KELAS : .……………..

No
Nama Peserta Didik
Pernyataan
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
Kebenaran Konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Dan lain sebaginya
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2









3












Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Nama
Peserta
Didik
Pernyataan
Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinil
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
Fitria








Gina








....

















































LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA



Pekerjaan :

  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................
    Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja

Tingkat
Kriteria
4
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar,sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungandengan tugas ini
3
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
2
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
1
Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yangbenar.
0
Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong








































LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA



KELAS :.…………..



No
Nama Siswa
Tingkat
Nilai
Ket.
4
3
2
1
1.       







2.       







3.       










Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik
Topik       :  ………………………..
KI            :  ………………………..
KD           :  ………………………..
Indikator  :  ………………………..

No
Nama
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
Jumlah Skor
1





2





….





….






No

Keterampilan yang dinilai

Skor
Rubrik
1



Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan)
30
-   Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya
-   Rangkaian alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat
-   Bahan-bahan tersedia di tempat yang sudah ditentukan.
20
Ada 2 aspek yang tersedia
10
Ada 1 aspek yang tersedia
2


Pelaksanaan Percobaan
30
-   Menggunakan alat dengan tepat
-   Membuat bahan percobaan yang diperlukan dengan tepat
-   Menuangkan / menambahkan bahan yang tepat
-   Mengamati hasil percobaan dengan tepat



20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek yang tersedia
3


Kegiatan akhir praktikum
30
- Membuang larutan atau sampah ketempatnya
- Membersihkan alat dengan baik
- Membersihkan meja praktikum
- Mengembalikan alat ke tempat semula
20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek yang tersedia



























































































LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK



Proyek :                    

  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................

    Orientasi Masalah:
    Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!

    Langkah-langkah Pengerjaan:

  1. Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
  2. Selesaikan masalah terkait ……………
  3. Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
  4. Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
  5. Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
  6. Hasil pemecahan masalah dibuat  dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
  7. Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
  8. Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
  9. Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)
  10. Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan

    Rubrik Penilaian Proyek:

Kriteria
Skor
·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok sangat baik
4
·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok sangat baik
3
·       Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok baik
2
·       Jawaban tidak benar
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok kurang baik
1
Tidak melakukan tugas proyek
0





































Penilaian Keterampilan-Proyek

Mata Pelajaran     :  ……………                                            Guru Pembimbing  : ……………
Nama Proyek       :  ……………                                            Nama                     : ……………
Alokasi Waktu    :  ……………                                            Kelas                      : ……………

No
Aspek
Skor
(1 – 5)
1
PERENCANAAN :
a. Rancangan Alat
- Alat dan bahan
- Gambar rancangan/desain
b. Uraian cara menggunakan alat

2
PELAKSANAAN :
a. Keakuratan Sumber Data / Informasi
b. Kuantitas dan kualitas Sumber Data
c. Analisis Data
d. Penarikan Kesimpulan

3
LAPORAN PROYEK :
a. Sistematika Laporan
b. Performans
c. Presentasi

Total Skor
















































LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PRODUK



Nama Produk                     :  ………………………………..

Nama Peserta Didik           :  ………………………………..

No
Aspek
Skor
1
Perencanaan Bahan
1
2
3
4
2
Proses Pembuatan
a.    Persiapan Alat dan Bahan
b.    Teknik Pengolahan
c.    K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)




3
Hasil Produk
a.    Bentuk Fisik
b.    Bahan
c.    Warna
d.   Pewangi
e.    ……..




Total Skor








Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat

Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.






LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

PENILAIAN PORTOFOLIO

Tugas

  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................
  • ....................................................................................................................................................

    Rubrik Penilaian
    Nama siswa        :    ………………….
    Kelas                   :    ………………….

No
Kategori
Skor
Alasan
1
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?


2
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?


3
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?


4
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?


5.
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?


6.
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?


7.
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?


8.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?


Jumlah



Kriteria:                        5 = sangat baik,                       4 = baik,                      3 = cukup,                                                          2 = kurang, dan                       1 = sangat kurang











































Penilaian Keterampilan – Produk
Mata Pelajaran     :  ……………                                            Nama Peserta Didik :    ……………
Nama Produk      :  ……………                                            Kelas                      : ……………
Alokasi Waktu    :  ……………                                           

No
Aspek
Skor
(1 – 5)
1
Tahap Perencanaan Bahan

2
Tahap Proses Pembuatan :
a. Persiapan alat dan bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)

3
Tahap Akhir (Hasil Produk)
a. Bentuk fisik
b. Inovasi

Total Skor









Penilaian Keterampilan – Portofolio

Mata Pelajaran     : …………………………..
Kelas/Semester    : …………………………..
Peminatan            : …………………………..
Tahun Ajaran       : 2015/2016
Judul portofolio   : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan                 : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang lingkup     :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1

Uraian tugas portofolio
1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas







Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik

Mata Pelajaran                      :  …………………
Alokasi Waktu                      :
Sampel yang dikumpulkan   :  Laporan
Nama Peserta didik              :  …………………
Kelas                                      : …………………

No
Indikator
Periode
Aspek yang dinilai
Catatan / Nilai
Kebenaran Konsep
Kelengkapan gagasan
Sistematika
Tata Bahasa
1
….
….





2
Menyusun laporan perancangan percobaan






3
Menyusun laporan praktikum






4
….
….







Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum


No

Komponen
Skor
1
Kebenaran Konsep
Skor 25 jika seluruh konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 15 jika sebagian konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 5 jika semua konsep bidang studi pada laporan salah
2
Kelengkapan gagasan
Skor 25 jika kelengkapan gagasan sesuai konsep
Skor 15 jika kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep
Skor 5 jika kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep
3
Sistematika
Skor 25 jika sistematika laporan sesuai aturan yang disepakati
Skor 15 jika sistematika laporan kuang sesuai aturan yang disepakati
Skor 5 jika sistematika laporan tidak sesuai aturan yang disepakati
4
Tatabahasa
Skor 25 jika tatabahasa laporan sesuai aturan
Skor 15 jika tatabahasa laporan kuang sesuai aturan
Skor 5 jika tatabahasa laporan tidak sesuai aturan
Keterangan:
Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100
Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=  x 4











Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

JUDUL

………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………












                                                                                                   Takengon 10 Juli 2017



Mengetahui

Kepala MAN 2 Aceh Tengah                          Guru Mata Pelajaran









Walid, M. Ag                                                     Zuyyina, M. Pd

NIP: 19700103 199903 1 001                           NIP: 19780313 200710 2 007



Catatan Kepala Sekolah

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar