Sabtu, 14 Oktober 2017

Evaluasi Diri Guru


EDS
Format 1:   Evaluasi Diri  Guru untuk Rencana  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan     Guru  (diisi oleh Guru)
Nama Sekolah : MAN 2 Aceh Tengah
NSS                       : 
Alamat            : Bebesen
Kecamatan          :  Bebesen
Kabupaten    : Aceh Tengah
Nama Guru    : Zuyyina, M. Pd
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Tanggal          : 10 Juli 2017
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
EVALUASI DIRI TERHADAP INDIKATOR KINERJA 
I.      PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.    Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik

Saya sudah tau sedikit bagaimana menyusun RPP sesuai kurikulum 2013 yang berlandaskan Silabus kurikulum 2013
2.    Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
Saya sudah membuat bahan ajar yang berpedoman sesuai dengan silabus dan kurikulum KTSP dan Juga bahan ajar kurikulum 2013
3.    Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
Saya sudah menguasai berbagai teori belajar dan implementasinya dalam pembelajaran
4.    Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
Saya sudah memilih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
II.    PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A.   Kegiatan pendahuluan
5.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif
Saya telah melaksanakan apersepsi dalam memulai pembelajaran
B.    Kegiatan inti
6.    Guru menguasai materi pelajaran
Saya telah menguasai materi yang akan disajikan
7.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
Saya sudah menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif meskipun belum maksimal

8.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
Saya  memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
9.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Komunikasi saya dengan peserta didik lancar-lancar saja, saya tidak menemukan kendala dalam aspek ini.
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
Saya mengalami kendala dalam penggunaan bahasa inggris sebagai bahan pengantar, karena peserta didik masih pasif dalam berbahasa inggris
C.    Kegiatan penutup
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
Saya terkadang mengalami kendala dalam melakukan tindak lanjut kepada peserta didik dikarenakan waktu yang tidak cukup
III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN

12. Guru merancang alat penilaian  untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
Saya mengalami kendala dalam melakukan penilaian  aspek afektif dan psikomotorik
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
Saya telah melakukan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP meskipun belum maksimal
14. Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Saya telah memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya meskipun belum maksimal
Mengetahui:
Kepala MAN 2 Aceh Tengah



Walid, M. Ag
NIP: 19700103 199901 1 001

Guru Ybs,



Zuyyina, M. Pd
NIP: 19780313 200710 2 007







Format 2:  Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Guru bersama  Koordinator PKB Guru)
Nama Sekolah : MAN 2 Aceh Tengah
NSS                        :
Kecamatan      : Bebesen
Kabupaten           : Aceh Tengah
Provinsi : Aceh
Nama Guru     : Zuyyina, M. Pd
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Tanggal : 10 Agustus 2017
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan nilai kinerja
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
1
2
3
4
5
6
 I.          PERENCANAAN PEMBELAJARAN







1.      Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik

1.         Belajar mandiri
2.         Mengikuti kegiatan KKG, MGMP dan Diklat yang diselenggarakan oleh dinas





2.       Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir











3.       Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif







4.      Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran













II.       PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF







A.   Kegiatan pendahuluan








5.      Guru memulai pembelajaran dengan efektif









B.    Kegiatan inti







6.      Guru menguasai materi pelajaran







7.      Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif







8.       Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran







9.       Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran







10.   Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran







C.    Kegiatan penutup







11.     Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif







III.          PENILAIAN PEMBELAJARAN







12.     Guru merancang alat penilaian  untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik














13.     Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP










14.     Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya












Guru Ybs,



Zuyyina, M. Pd
NIP: 19780313 200710 2 007
Mengetahui:
Kepala MAN 2 Aceh Tengah



Walid, M. Ag
NIP 19700103 199901  1001

Catatan:
1.       Rencana PKB yang dilakukan oleh guru sendiri
2.       Rencana PKB yang dilakukan bersama guru lain
3.       Rencana PKB yang dilaksanakan di sekolah
4.       Rencana PKB yang dilaksanakan di KKG
5.       Rencana PKB yang dilaksanakan oleh institusi selain sekolah atau KKG
6.       Kebutuhan PKB yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasikan oleh Disdik untuk dipertimbangkan.


Format 3:  Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (diisi oleh Koordinator PKB)
Nama Sekolah    :
Nomor Standar Sekolah:
Kecamatan          :
Kabupaten :
Provinsi:
Tahun Pelajaran :
Tanggal       :
Noo
Nama Guru

DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR KINERJA GURU


Publikasi Ilmiah
dan Karya Inovatif
Penunjang pembelajaran berkualitas
Pelaksanaan tugas tambahan
Perencanaan
Pelaksanaan
Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
1.
Zuyyina, M. Pd


v


v




v

v


v


v






































































































Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,
Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan



Format 5     :  Deskripsi Diri sehubungan dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri)


Nama Sekolah:
..............................................
Nomor Standar Sekolah:
..........................................................................................
Alamat:
..............................................
Kecamatan:
........................................
Kabupaten/Kota:
........................................................
Nama Guru:
.............................................
Tahun Ajaran:
...................................................................................................................
Nama Koordinator PKB :
.............................................
Tanggal:
...................................................................................................................
1.    Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan selama satu tahun terakhir dalam upaya pengembangan kompetensi guru.
1)       Kegiatan .................................................................................................
Lama kegiatan .......................................................................................
Tempat kegiatan ....................................................................................
Tujuan kegiatan ....................................................................................
Strategi pelaksanaannya .......................................................................
Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
2)       Kegiatan .................................................................................................
Lama kegiatan .......................................................................................
Tempat kegiatan  ..................................................................................
Tujuan kegiatan .....................................................................................
Strategi pelaksanaannya .......................................................................
Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
3)       Kegiatan .................................................................................................
Lama kegiatan .......................................................................................
Tempat kegiatan ....................................................................................
Tujuan kegiatan .....................................................................................
Strategi pelaksanaannya .......................................................................
Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
2.    Secara umum, kesesuaian materi berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut terhadap mata pelajaran yang diampu (jelaskan alasannya)
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
3.    Secara keseluruhan, manfaat kegiatan pengembangan diri tersebut bagi:
Diri guru:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Peserta didik:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Sekolah:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
4.    Dampak dari kegiatan pengembangan diri tersebut terhadap:





Diri guru:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Peserta didik:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Sekolah:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
5.    Secara umum, permasalahan yang dihadapi dalam meng-implementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................

6.    Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
7.    Upaya yang dilakukan untuk mensosialisasikan/-mendiseminasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar sekolah
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
8.    Jelaskan kegiatan atau upaya  lain yang tidak termasuk unsur kegiatan pengembangan diri tetapi mendukung peningkatan kompetensi guru atau membantu memperlancar upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.......................................................................................................................... ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Tanda tangan Guru:







Mengetahui:
Kepala Sekolah…………………………


…………………………………………………….
NIP……………………………………………………
Mengetahui:
Koordinator PKB,


………………………………………………………….
Pangkat …………………………………………….
NIP  ……………………………………………………




  1. Isilah semua informasi yang dibutuhkan  dengan benar pada format Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang tersedia.
  2. Format 1. merupakan instrumen evaluasi diri  untuk rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan.
    Format evaluasi diri diisi guru dengan kekuatan dan kelemahan terhadap penguasaan kompetensi  terkait sebelum melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika ada, evaluasi diri tersebut dapat diperkuat dengan eviden (bukti) yang dapat memperkuat pernyataan kekuatan dan kelemahan dari kompetensi terkait.
  3. Format 2. merupakan instrumen rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang akan dilakukan guru.
    Format ini diisi oleh guru bersama dengan koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan di sekolah. Kolom Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan guru diisi dengan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dibutuhkan berdasarkan   hasil evaluasi diri guru. Misalnya pada format 1 guru menuliskan evaluasi diri pada kompetensi pedagogic no 2 “ belum dapat membedakan model, strategi, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran  maka pada format 2 dijelaskan rencana guru dalam meningkatkan kompetensi tersebut. Kolom strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan diisi dengan ceklist (√) sesuai dengan rencana guru dalam melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. (lihat catatan di bagian bawah format 2)
  4. Format 3.  merupakan rekapitulasi rencana final pengembangan  keprofesian berkelanjutan untuk semua guru di sekolah.
    Format ini diisi oleh koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan.  Kolom kompetensi, kompetensi yang menghasilkan Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif, kompetensi penunjang pembelajaran berkualitas dan kompetensi melaksanakan tugas tambahan diisi dengan tanda ceklist ( √ ) berdasarkan data rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan masing-masing guru sebagaimana tercantum dalam format 2.
  5. Format 4. merupakan format refleksi guru setelah mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
    Bagian A. diisi oleh koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan sesuai program, bukti fisik/portofolio individu guru yang mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan  dan hasil pengamatan terhadap usaha guru dalam mengembangkan diri serta  pengembangan keprofesian berkelanjutan  yang masih dibutuhkan guru.
    Bagian B. diisi oleh guru yang dinilai bersama koordinator PKB berkaitan dengan dampak/hasil pelaksanaan peningkatan kompetensi yang telah dilakukan oleh guru.
    Bagian C diisi dengan kesiapan guru dalam permohonan kenaikan pangkat.
    6.  Format 5. Merupakan format deskripsi diri guru sehubungan dengan kegiatan pengembangan diri yang diikutinya selama satu tahun terakhir. Format ini diisi dan ditandatangani oleh guru.
    1. Butir 1 diisi dengan berbagai kegiatan pengembangan diri yang diikuti guru selama satu tahun terakhir. Untuk masing-masing kegiatan harus dilengkapi dengan informasi sebagai berikut: 

  • Lama kegiatan .................... (diisi dengan lama pelaksanaan kegiatan yang diikuti).
  • Tempat kegiatan  .................(diisi dengan tempat pelaksanaan kegiatan yang diikuti).
  • Tujuan kegiatan .............................. (diisi dengan tujuan kegiatan yang diikuti).
  • Strategi pelaksanaannya ............. (diisi dengan strategi bagaimana kegiatan ini dilaksanakan, apakah secara mandiri atau kelompok, di sekolah atau di luar sekolah (KKG/MGMP), dengan bantuan kepakaran lain (Misalnya dari universitas, P4TK, penyedia jasa pelatihan/layanan lainnya).
  • Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut (diisi dengan materi esensial apa saja yang diberikan dalam kegiatan yang diikuti).

    1. Butir 2 diisi dengan pendapat guru tentang kesesuain materi dari berbagai kegiiatan pengembangan diri tersebut terhadap mata pelajaran yang diampu, dan apa alasannya.
    2. Butir 3 diisi dengan pendapat guru dan/atau sekolah tentang manfaat dari berbagai kegiatan pengembangan diri yang diikuti baik bagi dirinya, peserta didik, maupun bagi sekolah secara keseluruhan.
    3. Butir 4 diisi dengan pendapat guru dan/atau sekolah tentang dampak dari berbagai kegiatan pengembangan diri yang diikuti terhadap dirinya, peserta didik, maupun bagi sekolah secara keseluruhan.
    4. Butir 5 diisi dengan pendapat guru tentang permasalahan yang dihadapinya dalam meng-implementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
    5. Butir 6 diisi dengan pendapat guru tentang upaya yang dilakukannya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengimplementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
    6. Butir 7 diisi dengan pendapat guru tentang upaya yang dilakukannya untuk mensosialisasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar sekolah.
    7. Butir 8 diisi dengan informasi tentang kegiatan atau upaya  lain yang diikuti atau dilakukan guru, tetapi kegiatan lain tersebut tersebut mendukung peningkatan kompetensi guru atau membantu memperlancar upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar