Rabu, 11 Oktober 2017

Analisis Butir Soal




KISI-KISI  SOAL  ULANGAN  TENGAH SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN  2017/ 2018



Sekolah                         : MAN 2 Aceh Tengah

Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris

Kelas                             : X (Seluruhnya)

Guru Bidang Studi        : Zuyyina, M.Pd



No
Materi
Indikator
Bentuk soal
No soal
1.



2.




3.



4.



5.



6.








7.
















   8








9









10.



















  The Expression of Thanking



Expressing Congratulation




Past Tense

        

Past Tense



Passive Voice



  Text Essay berbentuk Narrative
                              
                                      
                                         




Teks Essay berbentuk Descriptive

















Advertisement








Teks Essay berbentuk Descriptive








  Teks Essay berbentuk Descriptive








        
  Diberikan sebuah teks percakapan pendek tentang The Expression of Thanking

  
      Diberikan sebuah texts percakapan pendek tentang Congratulation



Diberikan soal Grammar yang menggunakan kalimat Past Tense
        

      Diberikan teks percakapan yang menggunakan kalimat Past Tense


   
      Diberikan soal Grammar yang menggunakan kalimat Passive Voice


  Diberikan sebuah teks descriptive,siswa dapat menentukan :
         a.    Main idea
         b.    informasi tertentu
         c.    Informasi rinci
         d.    Gambaran umum
         e.    Sinonim


Diberikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk announcement, siswa dapat menentukan:
      a.   Main idea
      b.   Informasi tersurat
      c.   Informasi rinci
      d.   Sinonym

      Diberikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk Advertisement, siswa dapat menentukan:
       a.   Informasi tersirat
       b.   Referensi
       c.   Main idea
       d.   Antonym

Diberikan sebuah  teks Descriptive about map, siswa dapat menentukan:
      a. Gambaran umum
      b. Informasi rinci
      c.  Informasi tertentu
      d. Main idea
      e. Referensi


Diberikan sebuah teks descriptive dalam bentuk gambar (orang hilang), siswa dapat menentukan:
      a.   Gambaran umum
      b.   Informasi rinci
      c.   Informasi tersirat
      d.   Informasi tertentu
      e.   Sinonym dari kata dalam teks


Essay



Essay



Essay





Essay



Essay



Essay








Essay









Essay


Essay



1



2



3



4



5



6








7














8







9









10


ANALISIS SOAl ESSAY



Nama Siswa
Nomor Soal dan Skor
Jumlah Skor
KELOMPOK

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10


Al-Kautsar
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10
KLP ATAS
Al-Khairi Melala
1
1
1
0
1
1
1
1
1
0
8
KLP ATAS
Alpi Sahrin
1
1
1
1
1
1
0
1
1
0
8
KLP ATAS
AMN Susanto
1
1
0
1
1
1
0
1
1
1
8
KLP ATAS
Ayu Liandari
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
8
KLP ATAS
Berkat Teniro
1
1
1
0
1
0
1
1
1
1
8
KLP ATAS
Juanda Saputra
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
9
KLP ATAS
Khairu  Rizki
1
1
1
0
0
1
1
1
1
1
8
KLP ATAS
Lara Fitri
1
1
0
1
1
1
0
1
0
1
7
KLP ATAS
Maharani Sipinte
0
1
0
1
1
1
0
1
1
1
7
KLP ATAS
Marlinda
0
0
1
1
1
1
1
1
0
1
7
KLP ATAS
Mulyanti. S
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
6
KLP BAWAH
Pitra
0
0
1
1
0
0
1
1
1
1
6
KLP BAWAH
Rahmadayani
0
0
1
1
1
0
0
1
1
1
6
KLP BAWAH
Rangga Wijaya
0
0
1
1
1
0
0
1
1
0
5
KLP BAWAH
Rupita Sari
0
1
0
0
1
0
0
1
1
1
5
KLP BAWAH
Saprianto
0
1
1
1
1
0
0
1
0
0
5
KLP BAWAH
Sinta Warni
1
0
1
1
0
0
1
0
1
0
5
KLP BAWAH
Sisma Fitri
1
1
1
0
0
0
0
1
0
1
5
KLP BAWAH
Sukmawati
0
1
1
1
0
1
0
1
0
0
5
KLP BAWAH
Amelia Santika
1
0
1
0
1
1
0
0
0
1
5
KLP BAWAH




















































Jumlah skor
8
14
14
15
15
12
9
16
16
15





Analisis soal Essay

  1. Daya pembeda soal Berdasarkan hasil ujian siswa maka di peroleh data pembeda soal sebagai berikut ;
  1. Daya pembeda soal 1
    Diketahui : JA=12
    BA= 8              PA= 8/12= 1,2

    JB= 12             PB = 5/12 = 0,41
    BB = 5
    DP soal nomor 1
                                           = 1.2-0.41
                                           = 0,79
    Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor satu di ketahui bahwa soal nomor satu memiliki daya pembeda 0,89 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori sangat baik, artinya soal ini harus di pertahankan untuk ujian selanjutnya
        Daya pembeda soal 2
        Diketahui : JA=12

BA= 10           PA= 10/12= 0,8
JB= 12             PB = 5/12 = 0,41
BB = 5
DP soal nomor 2 
                                            = 0,8-0.41
                                            = 0,39

Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor dua di ketahui bahwa soal nomor dua

memiliki daya pembeda 0,56 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori

sangat baik, artinya soal ini harus di pertahankan untuk ujian selanjutnya

Daya pembeda soal 3

  1. Diketahui : JA  =12
    BA = 8             PA= 8/12= 1,2

    JB  = 12                       PB = 5/12 = 0,41
    BB = 11

    DP soal nomor 2
                                      = 1.2-0.41
                                      = 0,79

    Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor dua di ketahui bahwa soal nomor dua
    memiliki daya pembeda 0,22 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori
    cukup, artinya soal ini harus di perbaiki untuk ujian selanjutnya


  2. Daya Pembeda 

    Diketahui : JA  =11
    BA = 8             PA= 8/11= 0,72
    JB  = 10           PB = 7/6 = 1,2
    BB = 7

    DP soal nomor 4
                                           = 0,72-1,2
                                           = 0,6

    Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 4 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki
    daya pembeda -0,6,  berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori jelek,
    artinya soal ini tidak layak di pertahankan dan tidak boleh di ujian kan untuk
    selanjutnya

  3. Daya pembeda soal no 5

    Diketahui : JA  =11
    BA = 9             PA= 9/11= 0,8
    JB  = 10           PB = 6/10 = 0,6
    BB = 6

    DP soal nomor 2
                                      = 0,8-0,6
                                      = 0,04



    Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 4 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda -0,04  berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori buruk, artinya soal ini tidak layak di pertahankan dan tidak boleh di ujian kan untuk selanjutnya.

  4. Daya pembeda soal no 6

    Diketahui : JA  =11
    BA = 9             PA= 9/11= 0.81
    JB  = 10           PB = 3/10 = 0,3
    BB = 3



    DP soal nomor 2
                                      = 3-0.3
                                      = 2.7

    Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 4 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda  2.7  berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori baik, artinya soal ini layak di pertahankan dan boleh di ujian kan untuk selanjutnya.

  5. Daya pembeda soal no 7


    Diketahui : JA  =11
    BA = 7             PA= 7/11= 0,6
    JB  = 10           PB = 2/10 = 0,2
    BB = 2

    DP soal nomor 2
                                      = 0.6-0.2
                                      = 0,40

    Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 7 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda  0,40  berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori  sangat baik, artinya soal ini layak di pertahankan dan boleh di ujian kan untuk selanjutnya.

  6. Daya pembeda soal no 8

    Diketahui : JA  =11
    BA = 11          PA= 11/11= 1,0
    JB  = 10           PB = 8/12 = 0.8
    BB = 8

    DP soal nomor 8
                                      = 8-0.8
                                      = 0,72

    Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 4 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda  0,72  berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori buruk, artinya soal ini tidak layak di pertahankan dan harus di buang
      
  7. Daya pembeda soal no 9
    Diketahui :
     JA  =11
    BA = 9                   PA= 9/11= 0.8
    JB  = 10                   PB = 4/10 = 0.4
    BB = 4


  8. DP soal nomor 9 
                                    = 0.8-0.4                                = 0,40

Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 9 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda  0,40  berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori cukup, artinya soal ini perlu ada perbaikan untuk ujian  selanjutnya.

Daya pembeda soal no 10

Diketahui : JA  =11

BA = 9             PA= 9/11= 0.81

JB  = 10           PB = 8/10 = 0.8

BB = 8

DP soal nomor 2

                                  = 0.81-0.8

                                  = 0,01

     Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 10  di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda  0,01  berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori jelek, artinya soal ini harus di buang dan tidak boleh di ujian kan untuk selanjutnya.

Tingkat kesukaran soal
  1. Tingkat kesukaran soal no 1.
    Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor satu termasuk  dalam katagori Sedang.
  2. Tingkat kesukaran soal nomor 2. Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor dua termasuk  dalam katagori Sedang
  3. Tingkat kesukaran soal nomor 3. Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor tiga termasuk  dalam katagori Mudah
  4. Tingkat kesukaran soal nomor 4. Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor empat  termasuk dalam katagori Muda
  5. Tingkat kesukaran soal nomor 5. Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor lima terrmasuk  dalam katagori Sedang
  6. Tingkat kesukaran soal nomor  6. Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor enam termasuk  dalam katagori Sedang
  7. Tingkat kesukaran soal nomor  7. Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor tujuh termasuk  dalam katagori Sedang
  8. Tingkat kesukaran soal nomor  8. Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor delapan termasuk  dalam katagori Mudah
  9. Tingkat kesukaran soal nomor  9. Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor  Sembilan termasuk  dalam katagori Sedang
  10. Tingkat kesukaran soal nomor  10. erdasarkan hasil evaluasi soal nomor sepuluh  termasuk dalam katagori  Sedang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar