ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, KD, IPK,
MATERI PEMBELAJARAN, KEGIATAN PEMBELAJARAN, DAN PENILAIAN
Aspek
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kinerja
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Rencana Penilaian
|
|||||||
Sikap
|
§ Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap orang
beriman, berakhlak mulia,
berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
|
Perwujudansikap religius dalam pembelajaran administrasi
sarana prasarana
(Terintegrasi
pada KI 3 dan KI 4)
|
Sebelum
pembelajaran dimulai, diawali dengan kegiatan berdoa.
Mengikuti
pembelajaran dengan kegiatan mengamati, menanya, diskusi dan prinsip-prinsip
administrasi sarana dan prasarana.
|
Teknik
Penilaian:
· Non tes
(pengamatan)
Bentuk
Instrumen:
· Lembar
Pengamatan Perkembangan Sikap
|
|||||||||
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
|
Perwujudan
sikap sportif dan disiplin dalam pembelajaran prinsip-prinsip administrasi
sarana dan prasarana
(Terintegrasi
pada KI 3 dan KI 4)
|
Mengikuti
pembelajaran dengan kegiatan mengamati, menanya, diskusi, dan melakukan prinsip-prinsip
administrasi sarana dan prasarana dalam kegiatan diskusi kelompok
kecil.
|
Teknik
Penilaian:
· Non tes
(pengamatan)
Bentuk
Instrumen:
·
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap
|
|||||||||||
Pengeta-huan
|
§ Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian.
|
3.
Memahami, menganalisis,
menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,danprocedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
3.1.1
Mengidentifikasi
struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati diri sesuai
dengan konteks penggunaannya
3.1.2
Menyebutkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan untuk
memaparkan jati diri
3.1.3
Membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam
pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaanya.
|
·
Fungsi Sosial
Mengenalkan,
menjalin hubungan interpersonal dengan teman dan guru
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Sebutan anggota
keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya; hobi,
kebiasaan
-
Verba: be, have, go, work, live (dalam simple
present tense)
-
Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It
-
Kata ganti possessive my, your, his,
dsb.
- Kata tanya Who? Which? How? Dst.
-
Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
|
·
Menyimak dan menirukanbeberapa contoh
interaksi terkait jati diri dan hubungan keluarga, dengan ucapan dan tekanan
kata yang benar
·
Mengidentifikasi
ungkapan-ungkapan penting dan perbedaan antara beberapa cara yang ada
·
Menanyakan hal-hal yang tidak
diketahui atau yang berbeda.
·
Mempelajari contoh teks
interaksi terkait jati diri dan hubungan keluarganya yang dipaparkan
figur-figur terkenal.
·
Saling menyimak dan bertanya
jawab tentang jati diri masing-masing dengan teman-temannya
|
Teknik
Penilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Pertanyaan-pertanyan
lisan tentang pemaparan jati diri
· Pertanyaan
tertulis berupa soal tentang: memaparkan jati diri
|
|||||||
Keteram-pilan
|
§ Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.1.1.Merespon teks lisan mengenai
pemaparan jati diri
4.1.2.Membuat percakapan tertulis
untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri.
4.1.3.Mendemonstrasikan percakapan
mengenai pemaparan jati diri.
|
·
Topik
Deskripsi
diri sendiri sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
·
Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajarnya
|
Teknik Penilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
Membuat
surat pemaparan tentang jati diri
|
|||||||
Pengetahuan
|
§ Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian
|
1.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat
dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
3.2.1.
Mengidentifikasi struktur teks untuk mengucapkan
selamat dan memuji bersayap serta responnya padatekslisan dan tulis yang
tersedia.
3.2.2.
Mengidentifikasi unsur kebahasaaan teks untuk
mengucapkan selamat dan memuji bersayap serta responnya
3.2.3.
Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan-ungkapan
untuk mengucapkan selamat dan memuji bersayap.
|
·
Fungsi Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended),
dan menanggapinya
-
Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
|
·
Menyimak dan menirukan beberapa
contoh percakapan mengucapkan selamat dan memuji bersayap (extended) yang
diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·
Bertanya jawab untuk
mengidentifikasi dan menyebutkan ungkapan pemberian selamat dan pujian serta
tambahannya, n mengidentifikasi persamaan dan perbedaannya
·
Menentukan ungkapan yang tepat
secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa
|
Teknik Penilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
Ungkapan
selamat dan memuji bersayap
|
|||||||
Keterampilan
|
§ Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkrit dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
4.2
Menyusun teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat dan
memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.2.1.
Membuat percakapan singkat tertulis dengan
menggunakan ungkapan untuk memuji bersayap.
4.2.2.
Memperagakan percakapan yang telah disusun di
depan kelas.
|
·
Topik
Interaksi
antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan
ucapan selamat dan pujian yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
·
Membiasakan menerapkan yang
sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di
dalam dan di luar kelas.
·
Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajar
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Menyusun dialog singkat untuk mengungkapkan pujian bersayap
|
|||||||
Pengetahuan
|
§ Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.3
Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan be going to, would like to)
|
3.3.1.
Mengidentifikasi
struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan niat melakukan sesuatu
sesuai dengan konteks penggunaannya
3.3.2.
Menyebutkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan untuk
memaparkan niat melakukan sesuatu
3.3.3.
Membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam
pemaparan niat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaanya.
|
·
Fungsi Sosial
Menyatakan
rencana, menyarankan, dsb.
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan atau di luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan pernyataan niat yang sesuai, dengan modalbe
going to, would like to
-
Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
|
·
menyebutkan persamaan dan
perbedaan dan dari contoh-contoh yang ada dalam video tersebut, dilihat dari
isi dan cara pengungkapannya
·
Bertanya jawab tentang
pernyataan beberapa tokoh tentang rencana melakukan perbaikan
·
Bermain game terkait dengan niat
mengatasi masalah
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Mengisi teks rumpang tentang ungkapan niat melakukan sesuatu
|
|||||||
Keterampilan
|
§ Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
4.3
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
4.3.1
Merespon teks lisan mengenai pemaparan niat
melakukan sesuatu
4.3.2
Membuat percakapan tertulis untuk memaparkan,
menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri.
4.3.3
Mendemonstrasikan percakapan mengenai pemaparan
niat melakukan sesuatu.
|
·
Topik
Interaksi antara guru dan
peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan pernyataan niatyang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
|
·
Membiasakan menerapkan yang
sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di
dalam dan di luar kelas.
· Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
|
Teknik Penilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
·
|
|||||||
Pengetahuan
|
§ Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.4
Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan
bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
3.4.1
Mengidentifikasi
struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan
dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan
bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.4.2
Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah
terkenal, pendek dan sederhana
3.4.3
Membedakan struktur teks dan unsur
kebahasaan beberapa teks deskriptif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata
dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
·
Fungsi Sosial
Membanggakan,
menjual, mengenalkan, mengidentifikasi, mengkritik, dsb.
·
Struktur Teks
Dapat mencakup
- Identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)
- Sifat (ukuran, warna, jumlah, bentuk, dsb.)
- Fungsi, manfaat, tindakan, kebiasaan
·
Unsur kebahasaan
- Kosa kata dan istilah terkait dengan tempat wisata dan
bangunan bersejarah terkenal
- Adverbia terkait sifat seperti quite,
very, extremely, dst.
- Kalimat dekalraif dan interogatif dalam tense yang benar
-
Nomina
singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
|
·
Menyimak dan menirukan guru
membacakan teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata dan/atau bangunan
bersejarah terkenaldengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
·
Mencermati danbertanya jawab
tentang contoh menganalisisdeskripsi dengan alat seperti tabel, mind map, dan
kemudian menerapkannya untuk menganalisis beberapa deskripsi tempat wisata
dan bangunan lain
·
Mencermati cara mempresentasikan
hasil analisis secara lisan, mempraktekkan di dalam kelompok masing-masing,
dan kemudian mempresentasikan di kelompok lain
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Mengisi teks rumpang tentang member dan meminta informasi
tentang tempat wisata dan bangunan bersejarah
|
|||||||
Keterampilan
|
§ Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
4.4
Teks deskriptif
4.4.1
Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif,
lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait tempat wisata dan bangunan
bersejarah terkenal
4.4.2
Menyusun teks deskriptif
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan
bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
4.4.1.1.
Merespon teks lisan mengenai teks deskriptift erkait tempat wisata dan
bangunan bersejarah terkenal
4.4.2.1.
Membuat teks deskriptif terkait tempat wisata dan
bangunan bersejarah terkenal.
4.4.2.2.
Mendemonstrasikan teks deskriptif terkait tempat
wisata dan bangunan bersejarah terkenal.
|
·
Topik
Deskripsi tempat wisata dan
bangunan bersejarah yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
·
Menempelkan teks di dinding
kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang
membacanya
· Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Membuat dan mendemontrasikan teks deskriprtif tentang tempat
wisata dan bangunan bersejarah
|
|||||||
Pengetahuan
|
§ Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.5 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi
terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.5.1
Mengidentifikasi struktur teks dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan
konteks penggunaannya
3.5.2
Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah
3.5.3
Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaanbeberapa teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi
terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
·
Fungsi Sosial
Menjalin
hubungan interpersonal dan akademik antar peserta didik, guru, dan sekolah
·
Struktur Teks
- Istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya
- Informasi khas yang relevan
-
Gambar, hiasan, komposisi warna
·
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam announcement
(pemberitahuan)
- Nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
|
·
Menyimak dan menirukan guru
membacakan beberapa teks pemberitahuan (announcement) dengan intonasi,
ucapan, dan tekanan kata yang benar.
·
Bertanya dan mempertanyakan
tentang persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaannya
·
Mencermati danbertanya jawab
tentang contoh menganalisisdeskripsi dengan alat seperti tabel dan kemudian
menerapkannya untuk menganalisis beberapa teks pemberitahuan lain
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Mengisi teks rumpang terkait teks pemberitahuan
|
|||||||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
secara mandiri.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.5 Teks pemberitahuan (announcement)
4.5 1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement)
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
4.5.1.1. Mencermati teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)l
4.5.2.1
Membuat teks
khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement).
Mendemonstrasikan
teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement).
|
·
Topik
Pemberitahuan
kegiatan, kejadian yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·
Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks
pemberitahuan lebih menarik
|
·
Membuat teks pemberitahuan
(announcement) untuk kelas atau teman
· Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Membuat teks pemberitahuan
|
|||||||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta
dampak fenomena dan kejadian
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.6 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present
perfect tense)
|
3.6.1
Mengidentifikasi struktur teks dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.6.2
Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya
3.6.3
Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan
beberapa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/
kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
·
Fungsi Sosial
Menjelaskan,
mendeskripsikan, menyangkal, menanyakan, dsb.
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Kalimat deklaratif dan interogative dalam simple past tense, present perfect tense.
- Adverbial dengan since, ago, now; klause dan adveribial penunjuk
waktu
- Nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
|
·
Menyimak dan menirukan beberapa
contoh percakapan terkait dengan intonasi, ucapan dan tekanan kata yang tepat
·
Guru mendiktekan percakapan
tersebut dan peserta didik menuliskannya dalam buku catatannya untuk
kemudianbertanya jawab terkait perbedaan dan persamaan makna kalimat-kalimat
yang menggunakan kedua tense tersebut
·
Membaca beberapa teks pendek
yang menggunakan kedua tense tersebut, dan menggunakan beberapa
kalimat-kalimat di dalamnya untuk melengkapi teks rumpang pada beberapa teks
terkait.
·
Mencermati beberapa kalimat rumpang
untuk menentukan tense yang tepat untuk kata kerja yang diberikan dalam
kurung
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Soal tertulis tetang Menentukan penggunaan kalimat pada teks
meminta dan member informasi terkait keadaan/tindakan yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya
|
|||||||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
secara mandiri.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.6.1
Mencermati teks lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.6.2
Membuat teks pendek dan
sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Mendemonstrasikan teks lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi
di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
·
Topik
Kegiatan, tindakan, kejadian, peristiwa yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
·
Diberikan suatu kasus, peserta
didik membuat satu teks pendek dengan menerapkan kedua tense tersebut
· Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Membuat dan mendemonstrasika teks pendek untuk meminta dan member informasi terkait
keadaan/tindakan yang dilakukan/terjadi
di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya
|
|||||||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.7 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.7.1
Mengidentifikasi struktur teks dan unsur
kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait peristiwa bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya
3.7.2
Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan
beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait peristiwa bersejarah
Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan
beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait peristiwa bersejarah, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
·
Fungsi Sosial
Melaporkan,
menceritakan, berbagi pengalaman, mengambil teladan, membanggakan
·
Struktur Teks
Dapat mencakup:
- orientasi
- urutan kejadian/kegiatan
-
orientasi ulang
·
Unsur Kebahasaan
- Kalimat deklaratif dan interogatif dalam simple past, past continuous,
present perfect, dan lainnya yang diperlukan
- Adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before,
when, at last, finally, dsb.
- Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu
-
Nomina singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
|
·
Mencermati analisis terhadap
fungsi sosial, rangkaian tindakan dan kejadian dengan menggunakan alat
seperti tabel, bagan, dan kemudian mengerjakan hal sama dengan teks tentang
peristiwa bersejarah lainnya
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Tes tertulis
|
|||||||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
secara mandiri.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.7 Teks
recount – peristiwa bersejarah
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan
dan tulis terkait peristiwa bersejarah
4.7.2 Menyusun teks recount lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
4.7.1.1
Mencermati teks recount terkait
peristiwa bersejarah
4.7.2.1
Membuat teks recount terkait
peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.7.2.2
Mendemonstrasikan teks recount terkait
peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
·
Topik
Peristiwa bersejarah yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat di KI
|
·
Mengumpulkan informasi untuk
menguraikan peristiwa bersejarah di Indonesia
·
Menempelkan karyanya di dinding
kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya
· Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Membuat teks recount
terkait peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
|
|||||||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta
dampak fenomena dan kejadian
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.8 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.8.1
teks dan
unsur kebahasaan teks naratif lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya
3.8.2
Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan
teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
legenda rakyat, sederhana
Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
·
Fungsi Sosial
Mendapat
hiburan, menghibur, mengajarkan nilai-nilai luhur, mengambil teladan
·
Struktur Teks
Dapat mencakup:
- Orientasi
- Komplikasi
- Resolusi
-
Orientasi ulang
·
Unsur Kebahasaan
- Kalimat-kalimat dalamsimple past tense, past continuous, dan
lainnya yang relevan
- Kosa kata: terkait karakter, watak, dan setting dalam legenda
- Adverbia penghubung dan penujuk waktu
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
|
·
Menyimak guru membacakan
legenda, sambil dilibatkan dalam tanya jawab tentang isinya
·
Didiktekan guru menuliskan
legenda tersebut dalam buku catatan masing-masing, sambil bertanya jawab
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang ada
·
Dalam kelompok masing-masing
berlatih membacakan legenda tsb dengan intonasi, ucapan dan tekanan kata yang
benar, dengan saling mengoreksi
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Mengisi teks rumpang terkait tema
|
|||||||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
secara mandiri.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.8 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat
|
4.8.1
Mencermati teks naratif terkait
legenda rakyat, sederhana
4.8.2
Membuat teks naratif terkait
legenda rakyat, sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
Mendemonstrasikan teks naratif
terkait legenda rakyat, sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
·
Topik
Cerita legenda yang dapat menumbuhkan perilaku
yang termuat di KI
|
·
Membaca satu legenda lain,
bertanya jawab tentang isinya, dan kemudian mengidentifikasi kalimat-kalimat
yang memuat bagian-bagian legenda yang ditanyakan
·
Melakukan refleksi tentang
proses dan hasil belajar.
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Membuat teks naratif
terkait legenda rakyat, sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
|
|||||||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta
dampak fenomena dan kejadian
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.9 Menafsirkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja
SMA/MA/SMK/ MAK
|
3.9.1
Mengidentifikasi
struktur teks dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan
remaja
3.9.2
Menyebutkan
struktur teks dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan
remaja
3.9.3
Membedakan
struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa lirik lagu
terkait kehidupan remaja.
|
·
Fungsi sosial
Mengembangkan
nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
·
Unsur kebahasaan
-
Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca,
dan tulisan tangan
|
·
Membaca, menyimak, dan menirukan
lirik lagu secara lisan
·
Menanyakan hal-hal yang tidak
diketahui atau berbeda
·
Mengambil teladan dari
pesan-pesan dalam lagu
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk
instrumen penilaian:
· Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja
|
|||||||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
secara mandiri.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.9 Menangkap makna terkait
fungsi sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
|
4.9.1
Mencermati fungsi sosial dan
unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan remaja
Mendemonstrasikan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan remaja
SMA/MA/SMK/MAK
|
·
Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
·
Menyebutkan pesan yang terkait
dengan bagian-bagian tertentu
· Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
TeknikPenilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
Bentuk instrumen
penilaian:
· Mendemonstrasikan lagu
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar