Sabtu, 14 Oktober 2017

ANALISIS KETERKAITAN KI,KD,IPK,SKL


ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN, KEGIATAN PEMBELAJARAN, DAN PENILAIAN





Aspek
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kinerja
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Rencana Penilaian

Sikap
§     Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap  orang  beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya




Perwujudansikap religius dalam pembelajaran administrasi sarana prasarana

(Terintegrasi pada KI 3 dan KI 4)
Sebelum pembelajaran dimulai, diawali dengan kegiatan berdoa.

Mengikuti pembelajaran dengan kegiatan mengamati, menanya, diskusi dan prinsip-prinsip administrasi sarana dan prasarana.
Teknik Penilaian:
·      Non tes (pengamatan)

Bentuk Instrumen:
·      Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap

2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.


Perwujudan sikap sportif dan disiplin dalam pembelajaran prinsip-prinsip administrasi sarana dan prasarana
(Terintegrasi pada KI 3 dan KI 4)
Mengikuti pembelajaran dengan kegiatan mengamati, menanya, diskusi, dan melakukan prinsip-prinsip administrasi sarana dan prasarana dalam kegiatan diskusi kelompok kecil.


Teknik Penilaian:
·      Non tes (pengamatan)

Bentuk Instrumen:
·         Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap

Pengeta-huan
§  Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.
3.      Memahami, menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.    
3.1  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
3.1.1  Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.2  Menyebutkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan untuk memaparkan jati diri
3.1.3  Membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaanya.
·   Fungsi Sosial
Mengenalkan, menjalin hubungan interpersonal dengan teman dan guru
·   Struktur Teks
-   Memulai
-   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur Kebahasaan
-    Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya; hobi, kebiasaan
-    Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense)
-    Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It
-    Kata ganti possessive my, your, his, dsb.
-   Kata tanya Who? Which? How? Dst.
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Menyimak dan menirukanbeberapa contoh interaksi terkait jati diri dan hubungan keluarga, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·   Mengidentifikasi ungkapan-ungkapan penting dan perbedaan antara beberapa cara yang ada
·   Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
·   Mempelajari contoh teks interaksi terkait jati diri dan hubungan keluarganya yang dipaparkan figur-figur terkenal.
·   Saling menyimak dan bertanya jawab tentang jati diri masing-masing dengan teman-temannya

Teknik Penilaian:
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
· Pertanyaan-pertanyan lisan tentang pemaparan jati diri
· Pertanyaan tertulis berupa soal tentang: memaparkan jati diri

Keteram-pilan
§  Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

4.1  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.1.Merespon teks lisan mengenai pemaparan jati diri
4.1.2.Membuat percakapan tertulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri.
4.1.3.Mendemonstrasikan percakapan mengenai pemaparan jati diri.
·         Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·        Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
Teknik Penilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
Membuat surat pemaparan tentang jati diri

Pengetahuan
§  Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
1.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.2  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.2.1.    Mengidentifikasi struktur teks untuk mengucapkan selamat dan memuji bersayap serta responnya padatekslisan dan tulis yang tersedia.
3.2.2.    Mengidentifikasi unsur kebahasaaan teks untuk mengucapkan selamat dan memuji bersayap serta responnya
3.2.3.    Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan-ungkapan untuk mengucapkan selamat dan memuji bersayap.
·   Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
·   Struktur Teks
-   Memulai
-   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur Kebahasaan
-   Ungkapan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan mengucapkan selamat dan memuji bersayap (extended) yang diperagakan guru/rekaman, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·   Bertanya jawab untuk mengidentifikasi dan menyebutkan ungkapan pemberian selamat dan pujian serta tambahannya, n mengidentifikasi persamaan dan perbedaannya
·   Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa

Teknik Penilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio
Bentuk instrumen penilaian:
Ungkapan selamat dan memuji bersayap

Keterampilan
§  Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.2  Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan  memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.1.    Membuat percakapan singkat tertulis dengan menggunakan ungkapan untuk memuji bersayap.
4.2.2.    Memperagakan percakapan yang telah disusun di depan kelas. 
·   Topik
Interaksi antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan ucapan selamat dan pujian yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

·   Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas.
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Menyusun dialog singkat untuk mengungkapkan pujian bersayap

Pengetahuan
§  Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.3  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)


3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.3.1.      Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan niat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya
3.3.2.      Menyebutkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan untuk memaparkan niat melakukan sesuatu
3.3.3.      Membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam pemaparan niat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaanya.
·   Fungsi Sosial
Menyatakan rencana, menyarankan, dsb.
·   Struktur Teks
-   Memulai
-   Menanggapi (diharapkan atau di luar dugaan)
·   Unsur Kebahasaan
-   Ungkapan pernyataan niat yang sesuai, dengan modalbe going to, would like to
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   menyebutkan persamaan dan perbedaan dan dari contoh-contoh yang ada dalam video tersebut, dilihat dari isi dan cara pengungkapannya
·   Bertanya jawab tentang pernyataan beberapa tokoh tentang rencana melakukan perbaikan
·   Bermain game terkait dengan niat mengatasi masalah

TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Mengisi teks rumpang tentang ungkapan niat melakukan sesuatu

Keterampilan
§  Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.3  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
5.         
5.1.         
5.2.         
5.3.         
4.3.1        Merespon teks lisan mengenai pemaparan niat melakukan sesuatu
4.3.2        Membuat percakapan tertulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri.
4.3.3        Mendemonstrasikan percakapan mengenai pemaparan niat melakukan sesuatu.
·   Topik
Interaksi antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan pernyataan niatyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas.
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
Teknik Penilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·   

Pengetahuan
§  Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.4  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya


4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
3.4.1  Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.4.2  Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana
3.4.3  Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

·   Fungsi Sosial
Membanggakan, menjual, mengenalkan, mengidentifikasi, mengkritik, dsb.
·   Struktur Teks
Dapat mencakup
-   Identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)
-   Sifat (ukuran, warna, jumlah, bentuk, dsb.)
-   Fungsi, manfaat, tindakan, kebiasaan
·   Unsur kebahasaan
-   Kosa kata dan istilah terkait dengan tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal
-   Adverbia terkait sifat seperti quite, very, extremely, dst.
-   Kalimat dekalraif dan interogatif dalam tense yang benar
-    Nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Menyimak dan menirukan guru membacakan teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata dan/atau bangunan bersejarah terkenaldengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
·   Mencermati danbertanya jawab tentang contoh menganalisisdeskripsi dengan alat seperti tabel, mind map, dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis beberapa deskripsi tempat wisata dan bangunan lain
·   Mencermati cara mempresentasikan hasil analisis secara lisan, mempraktekkan di dalam kelompok masing-masing, dan kemudian mempresentasikan di kelompok lain

TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Mengisi teks rumpang tentang member dan meminta informasi tentang tempat wisata dan bangunan bersejarah

Keterampilan
§  Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.4  Teks deskriptif
4.4.1        Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal
4.4.2        Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
6.   
6.1.   
6.2.   
6.3.   
6.4.   
4.4.1.1.  Merespon teks lisan mengenai teks deskriptift erkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal
4.4.2.1.  Membuat teks deskriptif terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal.
4.4.2.2.  Mendemonstrasikan teks deskriptif terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal.
·   Topik
Deskripsi tempat wisata dan bangunan bersejarah yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Menempelkan teks di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Membuat dan mendemontrasikan teks deskriprtif tentang tempat wisata dan bangunan bersejarah

Pengetahuan
§  Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.5 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.5.1        Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.5.2        Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah
3.5.3        Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaanbeberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·   Fungsi Sosial
Menjalin hubungan interpersonal dan akademik antar peserta didik, guru, dan sekolah
·   Struktur Teks
-    Istilah khusus terkait dengan jenis pemberitahuannya
-    Informasi khas yang relevan
-    Gambar, hiasan, komposisi warna
·   Unsur Kebahasaan
-   Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam announcement (pemberitahuan)
-   Nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Menyimak dan menirukan guru membacakan beberapa teks pemberitahuan (announcement) dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
·   Bertanya dan mempertanyakan tentang persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya
·   Mencermati danbertanya jawab tentang contoh menganalisisdeskripsi dengan alat seperti tabel dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis beberapa teks pemberitahuan lain

TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Mengisi teks rumpang terkait teks pemberitahuan


Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

4.5 Teks pemberitahuan (announcement)
4.5 1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.5.1.1.     Mencermati teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)l
4.5.2.1  Membuat teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement).
4.5.2.2  Mendemonstrasikan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement).
·   Topik
Pemberitahuan kegiatan, kejadian yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks pemberitahuan lebih menarik
·   Membuat teks pemberitahuan (announcement) untuk kelas atau teman
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Membuat teks pemberitahuan

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)

3.6.1           Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.6.2           Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya
3.6.3           Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

·   Fungsi Sosial
Menjelaskan, mendeskripsikan, menyangkal, menanyakan, dsb.
·   Struktur Teks
-   Memulai
-   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur Kebahasaan
-   Kalimat deklaratif dan interogative dalam simple past tense, present perfect tense.
-   Adverbial dengan since, ago, now; klause dan adveribial penunjuk waktu
-   Nomina singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapan terkait dengan intonasi, ucapan dan tekanan kata yang tepat
·   Guru mendiktekan percakapan tersebut dan peserta didik menuliskannya dalam buku catatannya untuk kemudianbertanya jawab terkait perbedaan dan persamaan makna kalimat-kalimat yang menggunakan kedua tense tersebut
·   Membaca beberapa teks pendek yang menggunakan kedua tense tersebut, dan menggunakan beberapa kalimat-kalimat di dalamnya untuk melengkapi teks rumpang pada beberapa teks terkait.
·   Mencermati beberapa kalimat rumpang untuk menentukan tense yang tepat untuk kata kerja yang diberikan dalam kurung

TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Soal tertulis tetang Menentukan penggunaan kalimat pada teks meminta dan member informasi terkait keadaan/tindakan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya  

Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

4.6  Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6.1         Mencermati teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6.2          Membuat teks pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6.3          Mendemonstrasikan teks lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
·   Topik
Kegiatan, tindakan, kejadian, peristiwa yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Diberikan suatu kasus, peserta didik membuat satu teks pendek dengan menerapkan kedua tense tersebut
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Membuat dan mendemonstrasika teks pendek untuk  meminta dan member informasi terkait keadaan/tindakan yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.7 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya
3.7.1        Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya
3.7.2        Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah
3.7.3        Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Fungsi Sosial
Melaporkan, menceritakan, berbagi pengalaman, mengambil teladan, membanggakan
·   Struktur Teks
Dapat mencakup:
-    orientasi
-    urutan kejadian/kegiatan
-    orientasi ulang
·   Unsur Kebahasaan
-   Kalimat deklaratif dan interogatif dalam simple past, past continuous, present perfect, dan lainnya yang diperlukan
-   Adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, when, at last, finally, dsb.
-   Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Mencermati analisis terhadap fungsi sosial, rangkaian tindakan dan kejadian dengan menggunakan alat seperti tabel, bagan, dan kemudian mengerjakan hal sama dengan teks tentang peristiwa bersejarah lainnya

TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Tes tertulis

Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

4.7 Teks recount – peristiwa bersejarah
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait peristiwa bersejarah
4.7.2 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.7.1.1  Mencermati teks recount terkait peristiwa bersejarah
4.7.2.1  Membuat teks recount terkait peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.7.2.2  Mendemonstrasikan teks recount terkait peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Topik
Peristiwa bersejarah yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Mengumpulkan informasi untuk menguraikan peristiwa bersejarah di Indonesia
·   Menempelkan karyanya di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Membuat teks recount terkait peristiwa bersejarah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.8.1           teks dan unsur kebahasaan teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.8.2           Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana
3.8.3           Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Fungsi Sosial
Mendapat hiburan, menghibur, mengajarkan nilai-nilai luhur, mengambil teladan
·   Struktur Teks
Dapat mencakup:
-       Orientasi
-       Komplikasi
-       Resolusi
-       Orientasi ulang
·   Unsur Kebahasaan
-   Kalimat-kalimat dalamsimple past tense, past continuous, dan lainnya yang relevan
-   Kosa kata: terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
-   Adverbia penghubung dan penujuk waktu
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Menyimak guru membacakan legenda, sambil dilibatkan dalam tanya jawab tentang isinya
·   Didiktekan guru menuliskan legenda tersebut dalam buku catatan masing-masing, sambil bertanya jawab terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang ada
·   Dalam kelompok masing-masing berlatih membacakan legenda tsb dengan intonasi, ucapan dan tekanan kata yang benar, dengan saling mengoreksi

TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Mengisi teks rumpang terkait tema

Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat

4.8.1          Mencermati teks naratif terkait legenda rakyat, sederhana
4.8.2          Membuat teks naratif terkait legenda rakyat, sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.8.3          Mendemonstrasikan teks naratif terkait legenda rakyat, sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
·   Topik
Cerita legenda yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Membaca satu legenda lain, bertanya jawab tentang isinya, dan kemudian mengidentifikasi kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda yang ditanyakan
·   Melakukan refleksi tentang proses dan  hasil belajar.

TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Membuat teks naratif terkait legenda rakyat, sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/ MAK

3.9.1           Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja
3.9.2           Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja
3.9.3           Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa lirik lagu terkait kehidupan remaja.
·   Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
·   Unsur kebahasaan
-    Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan
·   Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda
·   Mengambil teladan dari pesan-pesan dalam lagu

TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja

Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

4.9 Menangkap makna terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
4.9.1         Mencermati fungsi sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan remaja
4.9.2         Mendemonstrasikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
·   Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Menyebutkan pesan yang terkait dengan bagian-bagian tertentu
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
TeknikPenilaian:
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
·  Portofolio

Bentuk instrumen penilaian:
·  Mendemonstrasikan lagu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar