INSTRUMEN
SUPERVISI AKADEMIK
Tahun
2018 S/D 2019
1. Nama sekolah : .................................. 2. Nama guru : ..................................
3. Mata Pelajaran :
.................................. 4.
Kelas/semester : ..................................
5. Hari/tanggal/jam :
.................................. 6.
Kompetensi dasar : .................................
7. Jumlah siswa : ........
hadir: .......; tidak hadir : ......... ....................................
|
|
|
|
|
|
NO
|
KOMPETENSI
UTAMA
|
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
I
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
|
|
||
1.
|
Guru memformulasikan tujuan sesuai dengan kurikulum/silabus dan
memperhatikan karakteristik peserta didik.
|
a.
|
Tujuan pemb.
berdasarkan KI/KD
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Tujuan pemb. memuat
proses dan hasil belajar
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
d.
|
Disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta
didik.
Tujuan pemb. Memperhatikan karakteristik
peserta didik
|
1 2
3 4
1 2
3 4
|
|
||
2.
|
Guru menyusun instrument evaluasi hasil
belajar sesuai dengan indicator dan tujuan pembelajaran serta memperhatihan
karakteristik peserta didik
|
a.
|
Instrument evaluasi hasil belajar mengacu
kepada indicator dan tujuan belajar
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Instrumen
evaluasi hasil belajar memuat tes tertulis dan non tes (pengamatan sikap)
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Rumusan soal sesuai dengan indikator
|
1 2
3 4
|
|
||
d.
|
Rumusan soal mengacu kepada materi yang
disampaikan
|
1 2
3 4
|
|
||
3.
|
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang
efektif
|
a.
|
Strategi,
pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih
dapat memudahkan pemahaman peserta didik
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih
sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta
didik.
|
1 2
3 4
|
|
||
d.
|
Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi
waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi
dan/atau kebutuhan belajar peserta
didik.
|
1 2
3 4
|
|
||
4.
|
Guru memilih sumber belajar/ media
pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.
|
a.
|
Sumber belajar/media pembelajaran yang
dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio
visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Sumber belajar/media pembelajaran termasuk
TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa
digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola
untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
1 2
3 4
|
|
||
|
|
c.
|
Sumber belajar/media pembelajaran yang
dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor
peserta didik.
|
1 2
3 4
|
|
II
|
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
||||
5.
|
Guru memulai pembelajaran dengan efektif
|
a.
|
Melakukan apersepsi
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
|
1 2 3 4
|
|
||
6.
|
Guru menguasai materi pelajaran
|
a.
|
Kemampuan
menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Tingkat ketepatan
pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
1 2
3 4
|
|
||
d.
|
Kemampuan menyajikan materi secara
sistematis (mudah ke sulit, dari
konkrit ke abstrak)
|
1 2
3 4
|
|
||
7.
|
Guru menerapkan pendekatan/strategi
pembelajaran yang efektif
|
a.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang
akan dicapai
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Menguasai kelas
|
1 2
3 4
|
|
||
d.
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat
kontekstual
|
1 2
3 4
|
|
||
e.
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
|
1 2
3 4
|
|
||
f.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
alokasi waktu yang direncanakan
|
1 2
3 4
|
|
||
8.
|
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam
pembelajaran
|
a.
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan
sumber belajar/media pembelajaran
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Melibatkan siswa dalam pembuatan dan
pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
1 2
3 4
|
|
||
9.
|
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan
siswa dalam pembelajaran
|
a.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Merespon positif partisipasi siswa
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons
siswa
|
1 2
3 4
|
|
||
d.
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang
kondusif
|
1 2
3 4
|
|
||
e.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa
dalam belajar
|
1 2
3 4
|
|
||
10.
|
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat
dalam pembelajaran
|
a.
|
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
1 2
3 4
|
|
||
11.
|
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
a.
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman
dengan melibatkan siswa
|
1 2
3 4
|
|
|
|
1 2
3 4
|
|
||
b.
|
Melaksanakan tindak
lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian
remidi/pengayaan
|
1 2
3 4
|
|
||
III
|
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|
|
||
12.
|
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur
kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
a.
|
Kesesuaian teknik
dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Alat tes dirancang untuk dapat mengukur
kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau
psikomotorik.
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Rancangan
penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester.
|
1 2
3 4
|
|
||
d.
|
Hasil analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS,
UN) digunakan untuk keperluan program
perbaikan (remedial, pengayaan,
dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
|
1 2
3 4
|
|
||
13.
|
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode
penilaian untuk memantau kemajuan dan
hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana
yang tertulis dalam RPP.
|
a.
|
Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis,
pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar
peserta didik.
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Menggunakan teknik penilaian (ulangan harian,
tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil belajar
peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk
berbagai tugas terstruktur
|
1 2
3 4
|
|
||
d.
|
Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun dalam RPP.
|
1 2
3 4
|
|
||
14
|
Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan
balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran
selanjutnya
|
a.
|
Menggunakan hasil analisis penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan.
|
1 2
3 4
|
|
b.
|
Menggunakan hasil penilaian untuk
menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
|
1 2
3 4
|
|
||
c.
|
Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta
didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi
belajarnya.
|
1 2
3 4
|
|
||
d.
|
Memanfaatkan hasil
penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,
tantangan dan masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang
proses pembelajaran
|
1 2
3 4
|
|
||
|
|
|
|
|
|
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
Keterangan
|
I
|
Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
1
|
Tujuan pemb. berdasarkan SK/KD
|
5 4
3 2 1
|
1)
|
2
|
Tujuan pemb. memuat proses dan hasil belajar
|
5 4
3 2 1
|
2)
|
|
Jumlah skor I (max 10)
|
|
|
II
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
|
|
A
|
Kegiatan awal
|
|
|
1
|
Motivasi
|
5 4
3 2 1
|
3)
|
2
|
Apersepsi
|
5 4
3 2 1
|
4)
|
3
|
Kejelasan kd/indikator/tujuan pemb
|
5 4
3 2 1
|
5)
|
4
|
Kesiapan bahan ajar
|
5 4
3 2 1
|
6)
|
|
Jumlah skor IIA (max. 20)
|
|
|
B
|
Kegiatan inti
|
|
|
1
|
Penguasaan materi
|
5 4
3 2 1
|
7)
|
2
|
Pengelolaan kelas
|
5 4
3 2 1
|
8)
|
3
|
Pengelolaan waktu
|
5 4
3 2 1
|
9)
|
4
|
Metode yang bervariasi
|
5 4
3 2 1
|
10)
|
5
|
Penggunan media pembelajaran
|
5 4
3 2 1
|
11)
|
6
|
Peran guru sebagai fasilitator
|
5 4
3 2 1
|
12)
|
7
|
Teknik bertanya
|
5 4
3 2 1
|
13)
|
8
|
Penggunaan papan tulis
|
5 4
3 2 1
|
14)
|
9
|
Interaksi guru-peserta didik
|
5 4
3 2 1
|
15)
|
10
|
Interaksi antar peserta didik
|
5 4
3 2 1
|
16)
|
|
Jumlah skor IIB (max.50)
|
|
|
C
|
Kegiatan Penutup
|
|
|
1
|
Siswa membuat rangkuman/ simpulan dibimbing oleh guru
|
5 4
3 2 1
|
17)
|
2
|
Penugasan
|
5 4
3 2 1
|
18)
|
|
Jumlah skor IIC (max 10)
|
|
|
|
Jumlah skor seluruhnya
(max 100)
|
|
|
|
Nilai/Kualifikasi
|
|
|
Keterangan: Kurang dari 55 = kurang/D. 56 - 70 = cukup/C. 71- 85 baik/B. 86-100
= amat baik/A
Saran
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui, Takengon,
Kepala MAN 2 Aceh Tengah Pengawas
………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar