Selasa, 14 Mei 2019

SUPERVISI AKADEMIK 2

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
Tahun 2018 S/D 2019

1. Nama sekolah           :  ..................................              2. Nama guru               :  ..................................
3. Mata Pelajaran          :  ..................................              4. Kelas/semester         :  ..................................
5. Hari/tanggal/jam       :  ..................................             6. Kompetensi dasar     :  .................................
7. Jumlah siswa : ........  hadir: .......; tidak hadir : .........                                        ....................................







NO
KOMPETENSI UTAMA

INDIKATOR
SKOR
KETERANGAN
I
PERENCANAAN PEMBELAJARAN


1.
Guru memformulasikan tujuan  sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
a.
 Tujuan pemb. berdasarkan KI/KD
1  2  3  4

b.
 Tujuan pemb. memuat proses dan hasil belajar
1  2  3  4

c.


d.
Disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Tujuan pemb. Memperhatikan karakteristik peserta didik
1  2  3  4


1  2  3  4

2.
Guru menyusun instrument evaluasi hasil belajar sesuai dengan indicator dan tujuan pembelajaran serta memperhatihan karakteristik peserta didik
a.
Instrument evaluasi hasil belajar mengacu kepada indicator dan tujuan belajar
1  2  3  4

b.
Instrumen evaluasi hasil belajar memuat tes tertulis dan non tes (pengamatan sikap)
1  2  3  4

c.
Rumusan soal sesuai dengan indikator
1  2  3  4

d.
Rumusan soal mengacu kepada materi yang disampaikan
1  2  3  4

3.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
a.
Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.
1  2  3  4

b.
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
1  2  3  4

c.
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
1  2  3  4

d.
Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik.
1  2  3  4

4.
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.
a.
Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).
1  2  3  4

b.
Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
1  2  3  4



c.
Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
1  2  3  4

II
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
5.
Guru memulai pembelajaran dengan efektif
a.
Melakukan apersepsi
1  2  3  4

b.
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
1  2  3  4

6.
Guru menguasai materi pelajaran
a.
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
1  2  3  4

b.
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .
1  2  3  4

c.
 Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
1  2  3  4

d.
Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
1  2  3  4

7.
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
a.
 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
1  2  3  4

b.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1  2  3  4

c.
Menguasai kelas
1  2  3  4

d.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1  2  3  4

e.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
1  2  3  4

f.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1  2  3  4

8.
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
a.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
1  2  3  4

b.
Menghasilkan pesan yang menarik
1  2  3  4

c.
Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
1  2  3  4

9.
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
a.
 Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
1  2  3  4

b.
Merespon positif partisipasi siswa
1  2  3  4

c.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
1  2  3  4

d.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
1  2  3  4

e.
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
1  2  3  4

10.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
a.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
1  2  3  4

b.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
1  2  3  4

c.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1  2  3  4

11.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1  2  3  4



1  2  3  4

b.
 Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
1  2  3  4

III
PENILAIAN PEMBELAJARAN


12.
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
a.
 Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.
1  2  3  4

b.
Alat tes dirancang untuk dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotorik.
1  2  3  4

c.
Rancangan penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester.
1  2  3  4

d.
Hasil analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan  untuk keperluan program perbaikan (remedial,  pengayaan, dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
1  2  3  4

13.
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP.
a.
Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.
1  2  3  4

b.
Menggunakan teknik penilaian (ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
1  2  3  4

c.
Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk berbagai tugas terstruktur
1  2  3  4

d.
Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun dalam RPP.
1  2  3  4

14
Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
a.
Menggunakan hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
1  2  3  4

b.
Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
1  2  3  4

c.
Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya.
1  2  3  4

d.
 Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
1  2  3  4











No
Aspek yang diamati
Skor
Keterangan
I
Perencanaan Pembelajaran


1
 Tujuan pemb. berdasarkan SK/KD
  5   4   3   2   1
1)
2
 Tujuan pemb. memuat proses dan hasil belajar
  5   4   3   2   1
2)

Jumlah skor I (max 10)


II
Pelaksanaan Pembelajaran


A
Kegiatan awal


1
Motivasi
  5   4   3   2   1
3)
2
Apersepsi
  5   4   3   2   1
4)
3
Kejelasan kd/indikator/tujuan pemb
  5   4   3   2   1
5)
4
Kesiapan bahan ajar
  5   4   3   2   1
6)

Jumlah skor IIA (max. 20)


B
Kegiatan inti


1
Penguasaan materi
  5   4   3   2   1
7)
2
Pengelolaan kelas
  5   4   3   2   1
8)
3
Pengelolaan waktu
  5   4   3   2   1
9)
4
Metode yang bervariasi
  5   4   3   2   1
10)
5
Penggunan media pembelajaran
  5   4   3   2   1
11)
6
Peran guru sebagai fasilitator
  5   4   3   2   1
12)
7
Teknik bertanya
  5   4   3   2   1
13)
8
Penggunaan papan tulis
  5   4   3   2   1
14)
9
Interaksi guru-peserta didik
  5   4   3   2   1
15)
10
Interaksi antar peserta didik
  5   4   3   2   1
16)

Jumlah skor IIB (max.50)


C
Kegiatan Penutup


1
Siswa membuat rangkuman/ simpulan dibimbing oleh guru
  5   4   3   2   1
17)
2
Penugasan
  5   4   3   2   1
18)

Jumlah skor IIC (max 10)



Jumlah skor seluruhnya  (max 100)



Nilai/Kualifikasi


Keterangan:  Kurang dari 55 = kurang/D.   56 - 70 = cukup/C.    71- 85 baik/B.   86-100 = amat baik/A

Saran
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………

Mengetahui,                                                                                     Takengon,
Kepala MAN 2 Aceh Tengah                                                           Pengawas 



………………………                                                  
                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar