Selasa, 14 Mei 2019

INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGAJAR


INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Nama Guru

Mata Pelajaran

Sekolah tempat mengajar


Kelengkapan Perangkat
NO
Jenis perangkat
Ada
Tidak ada
Jumlah
1
Silabus



2
RPP



3
Program tahunan dan semester



4
Instrumen penilaian



5
Daftar hadir siswa



6
Daftar nilai siswa




Kemampuan mengajar
No.
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor
1
Membuka pelajaran
Apersepi/ orientasi
1.    salam memeriksa kehadiran
2.    menggali informasi berkaitan dengan kompetensi yang akan dicapai
3.    mengemukakan kompetensi yang akan dicapai.
4.    mengkaitkan manfaat penguasaan kompetensi dalam kehidupan peserta didik.
1   2   3   4
2
Melaksanakan kegiatan inti
Penggunaan metode
1.    melibatkan perserta didik untuk melakukan aktivitas sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
2.    melibatkan peserta didik untuk menemukan konsep berkaitan dengan kompetensi.
3.    melibatkan peserta didik untuk menerapkan apa yang telah ditemukan dalam  konteks yang berbeda.
4.    guru mengukuhkan temuan peserta didik.  
1   2   3   4


Penggunaan media
1.    menggunakan media yang autentik
2.    memberdayakan media yang tersedia di sekeliling peserta didik, yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
3.    media sesuai untuk mencapai kompetensi
4.    media memungkinkan peserta didik melakukan pengamatan, bertanya dan menarik kesimpulan.
1   2   3   4


Penguasaan kompetensi
1.    mendemonstrasikan perilaku pembelajaran yang seharusnya dikuasai peserta didik melalui pemodelan
2.    tugas yang diberikan kpd peserta mencerminkan tahapan untuk mencapai kompentensi yang seharusnya dikuasai peserta didik.
3.    memberikan balikan secara jelas terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak sesuai dengan kompetensi yang seharusnya dikuasi peserta.
4.    mampu merespon pertanyaan dan komentar peserta secara tepat dan memadai.

1   2   3   4


Pembelajaran menyenangkan
1.    Memberdayakan permainan/ humor/ metode yang bervariasi untuk menyegarkan suasana
2.    Peserta didik banyak menggunakan aktivitas pembelajaran dan mereka melaksanakan aktivitas dengan gembira.
3.    Peserta didik tidak takut mengajukan pertanyaan/ saran/pendapat.


1   2   3   4


Keterkaitan metode dengan pengembangan kecapakan
1.    Metode yang digunakan melibatkan peserta untuk bekerja sama (learning community)
2.    mendorong peserta untuk mengajukan pertanyaan/ pendapat kritis dan kreatif.
3.    bersifat menantang sehingga mendorong peserta didik melakukan aktivitas secara sungguh-sungguh dan antusias.
4.    mendorong siswa untuk mempertahankan pendapat dan berpendapat yang berbeda.

1   2   3   4
3
Refleksi dan penilaian
Refleksi
1.    Mendorong peserta didik mengungkapkan apa yang telah dipelajari.
2.    peserta didik mengungkapkan kesan-kesan berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan.
3.    peserta mengungkapkan saran untuk perbaikan pembelajaran.
4.    Memberikan penguatan/pujian terhadap upaya yang telah dilakukan peserta didik.

1   2   3   4


Penilaian
1.    Melakukan penilaian sesuai dengan kompetensi yang seharusnya dicapai.
2.    Kriteria penilaian jelas dan dapat diukur.
3.    Memberi kesempatan kepada peserta untuk melakukan self-assessment (penilaian diri sendiri), peer-assessment (penilaian antar teman) dengan kriteria yangh telah ditetapkan.
4.    Penilaian dilaksanakan selama dan setelah aktivitas pembelajaran.
1   2   3   4
4.
Faktor penunjang
Penggunaan bahasa
1.    Ucapan jelas dan mudah dipahami
2.    Menggunakan kosa kata dan tatabahasa yang baku.
3.    Pembicaraan lancar, tidak tersendat-sendat.

1   2   3   4


Rasa percaya diri
1.    Tatapan mata dan gerak tubuh menunjukkan sikap tenang.
2.    Nada suara dan intonasi menunjukkan sikap tegas, optimis dan tidak ragu-ragu.
3.    Semua pertanyaan, tanggapan atau saran dijawab dengan tenang, tidak gugup, dan penuh rasa optimis.

1   2   3   4
Skor maksimal ideal =  40        Skor yang diperoleh praktikan =
Nilai maksimal         =  100       Nilai yang diperoleh =  Jumlah skor yang diperoleh   × 100 =
                                                                                                             40

Cara pemberian skor untuk setiap indikator :
Skor 1: kurang                      = jika tidak ada deskriptor yang teramati                         Keterangan nilai
Skor 2: cukup                       = jika satu deskriptor teramati                                            ≤ 60        = kurang
Skor 3: baik                           = jika 2 deskriptor teramati                                                 60-69     = cukup
Skor 4: sangat baik             = jika tiga/empat descriptor teramati                                70-84     = baik
85-100      = sangat baik
Simpulan penilaian             :

Temuan                                 :

Rekomendasi/saran           :


Guru Pengajar                                                                                                                                      Pemantau,



…………………                                                                                                                                    …………………
                                               




Tidak ada komentar:

Posting Komentar