INSTRUMEN
PENILAIAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Nama Guru
|
|
Mata Pelajaran
|
|
Sekolah tempat mengajar
|
|
Kelengkapan Perangkat
NO
|
Jenis
perangkat
|
|
Tidak ada
|
Jumlah
|
1
|
Silabus
|
|
|
|
2
|
RPP
|
|
|
|
3
|
Program tahunan dan
semester
|
|
|
|
4
|
Instrumen penilaian
|
|
|
|
5
|
Daftar hadir siswa
|
|
|
|
6
|
Daftar nilai siswa
|
|
|
|
Kemampuan mengajar
No.
|
Aspek Penilaian
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Membuka pelajaran
|
Apersepi/ orientasi
|
1.
salam memeriksa kehadiran
2.
menggali informasi berkaitan dengan kompetensi yang akan dicapai
3.
mengemukakan kompetensi yang akan
dicapai.
4.
mengkaitkan manfaat penguasaan
kompetensi dalam kehidupan peserta didik.
|
1 2 3
4
|
2
|
Melaksanakan kegiatan inti
|
Penggunaan metode
|
1.
melibatkan perserta didik untuk melakukan aktivitas sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai.
2.
melibatkan peserta didik untuk
menemukan konsep berkaitan dengan kompetensi.
3.
melibatkan peserta didik untuk
menerapkan apa yang telah ditemukan dalam
konteks yang berbeda.
4.
guru mengukuhkan temuan peserta didik.
|
1 2 3
4
|
|
|
Penggunaan media
|
1.
menggunakan media yang autentik
2.
memberdayakan media yang tersedia
di sekeliling peserta didik, yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat
3.
media sesuai untuk mencapai
kompetensi
4.
media memungkinkan peserta didik
melakukan pengamatan, bertanya dan menarik kesimpulan.
|
1 2 3
4
|
|
|
Penguasaan kompetensi
|
1.
mendemonstrasikan perilaku
pembelajaran yang seharusnya dikuasai peserta didik melalui pemodelan
2.
tugas yang diberikan kpd peserta
mencerminkan tahapan untuk mencapai kompentensi yang seharusnya dikuasai
peserta didik.
3.
memberikan balikan secara jelas
terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak sesuai dengan kompetensi
yang seharusnya dikuasi peserta.
4.
mampu merespon pertanyaan dan
komentar peserta secara tepat dan memadai.
|
1 2 3
4
|
|
|
Pembelajaran menyenangkan
|
1.
Memberdayakan permainan/ humor/
metode yang bervariasi untuk menyegarkan suasana
2.
Peserta didik banyak menggunakan
aktivitas pembelajaran dan mereka melaksanakan aktivitas dengan gembira.
3.
Peserta didik tidak takut
mengajukan pertanyaan/ saran/pendapat.
|
1 2 3
4
|
|
|
Keterkaitan metode dengan pengembangan kecapakan
|
1.
Metode yang digunakan melibatkan
peserta untuk bekerja sama (learning
community)
2.
mendorong peserta untuk mengajukan pertanyaan/ pendapat kritis dan
kreatif.
3.
bersifat menantang sehingga mendorong peserta didik melakukan aktivitas
secara sungguh-sungguh dan antusias.
4.
mendorong siswa untuk mempertahankan pendapat dan berpendapat yang
berbeda.
|
1 2 3
4
|
3
|
Refleksi dan penilaian
|
Refleksi
|
1.
Mendorong peserta didik mengungkapkan
apa yang telah dipelajari.
2.
peserta didik mengungkapkan
kesan-kesan berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan.
3.
peserta mengungkapkan saran untuk perbaikan pembelajaran.
4.
Memberikan penguatan/pujian
terhadap upaya yang telah dilakukan peserta didik.
|
1 2 3
4
|
|
|
Penilaian
|
1.
Melakukan penilaian sesuai dengan
kompetensi yang seharusnya dicapai.
2.
Kriteria penilaian jelas dan
dapat diukur.
3.
Memberi kesempatan kepada peserta
untuk melakukan self-assessment
(penilaian diri sendiri), peer-assessment
(penilaian antar teman) dengan kriteria yangh telah ditetapkan.
4.
Penilaian dilaksanakan selama dan
setelah aktivitas pembelajaran.
|
1 2 3
4
|
4.
|
Faktor penunjang
|
Penggunaan bahasa
|
1.
Ucapan jelas dan mudah dipahami
2.
Menggunakan kosa kata dan
tatabahasa yang
3.
Pembicaraan lancar, tidak
tersendat-sendat.
|
1 2 3
4
|
|
|
Rasa percaya diri
|
1.
Tatapan mata dan gerak tubuh menunjukkan
sikap tenang.
2.
Nada suara dan intonasi
menunjukkan sikap tegas, optimis dan tidak ragu-ragu.
3.
Semua pertanyaan, tanggapan atau
saran dijawab dengan tenang, tidak gugup, dan penuh rasa optimis.
|
1 2 3
4
|
Skor maksimal ideal =
40 Skor yang diperoleh
praktikan =
|
||||
Nilai maksimal
= 100 Nilai yang diperoleh = Jumlah skor yang diperoleh ×
100 =
40
|
Cara pemberian skor untuk setiap indikator :
Skor
1: kurang = jika tidak ada deskriptor yang teramati Keterangan nilai
Skor
2: cukup = jika satu deskriptor teramati ≤ 60 = kurang
Skor
3: baik = jika 2
deskriptor teramati 60-69 = cukup
Skor
4: sangat baik = jika
tiga/empat descriptor teramati 70-84 = baik
85-100 = sangat baik
Simpulan
penilaian :
Temuan :
Rekomendasi/saran :
Guru
Pengajar Pemantau,
………………… …………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar