INSTRUMEN
SUPERVISI AKADEMIK
Tahun
Pelajaran 2018-2019
1. Nama sekolah : .................................. 2. Nama guru : ..................................
3. Mata Pelajaran :
.................................. 4.
Kelas/semester : ..................................
5. Hari/tanggal/jam :
.................................. 6.
Kompetensi dasar : .................................
7. Jumlah siswa : ........
hadir: .......; tidak hadir : ......... ....................................
No
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
Keterangan
|
I
|
Perangkat Persiapan Mengajar
|
|
|
1
|
Silabus
|
5 4 3
2 1
|
1)
|
2
|
RPP
|
5 4 3
2 1
|
2)
|
3
|
KKM untuk kd yang dibahas
|
5 4 3
2 1
|
3)
|
4
|
Buku Nilai
|
5 4 3
2 1
|
4)
|
|
Jumlah skor I (max 20)
|
|
|
II
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
|
|
A
|
Kegiatan awal
|
|
|
1
|
Motivasi
|
5 4 3
2 1
|
5)
|
2
|
Apersepsi
|
5 4 3
2 1
|
6)
|
3
|
Kejelasan kd/indikator/tujuan pemb
|
5 4 3
2 1
|
7)
|
4
|
Kesiapan bahan ajar
|
5 4 3
2 1
|
8)
|
|
Jumlah skor IIA (max. 20)
|
|
|
B
|
Kegiatan inti
|
|
|
1
|
Penguasaan materi
|
5 4 3
2 1
|
9)
|
2
|
Pengelolaan kelas
|
5 4 3
2 1
|
10)
|
3
|
Pengelolaan waktu
|
5 4 3
2 1
|
11)
|
4
|
Metode yang bervariasi
|
5 4 3
2 1
|
12)
|
5
|
Penggunan media pembelajaran
|
5 4 3
2 1
|
13)
|
6
|
Peran guru sebagai fasilitator
|
5 4 3
2 1
|
14)
|
7
|
Teknik bertanya
|
5 4 3
2 1
|
15)
|
8
|
Penggunaan papan tulis
|
5 4 3
2 1
|
16)
|
9
|
Interaksi guru-peserta didik
|
5 4 3
2 1
|
17)
|
10
|
Interaksi antar peserta didik
|
5 4 3
2 1
|
18)
|
|
Jumlah skor IIB (max.50)
|
|
|
C
|
Kegiatan Penutup
|
|
|
1
|
Siswa membuat rangkuman/ simpulan dibimbing oleh guru
|
5 4 3
2 1
|
19)
|
2
|
Penugasan
|
5 4 3
2 1
|
20)
|
|
Jumlah skor IIC (max 10)
|
|
|
|
Jumlah skor seluruhnya
(max 100)
|
|
|
|
Nilai/Kualifikasi
|
|
|
Keterangan: Kurang dari 55 = kurang/D. 56 - 70 = cukup/C. 71- 85 baik/B. 86-100
= amat baik/A
Saran
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui, Takengon,
Kepala Sekolah/Madrasah Pengawas…….
……………………… …………………………
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar