INSTRUMEN
PENILAIAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Nama
Guru : Materi :
NIP :
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Membuka pelajaran
|
Apersepi/ orientasi
|
1.
membuka pelajaran dengan salam
memeriksa kehadiran
2.
mengajukan pertanyaan/ menggali
informasi berkaitan dengan kompetensi yang akan dicapai
3.
mengemukakan kompetensi yang akan
dicapai.
4.
mengkaitkan manfaat penguasaan
kompetensi dalam kehidupan peserta didik.
|
1 2 3
4
|
2
|
Melaksanakan kegiatan inti
|
Penggunaan metode
|
1.
Metode yang digunakan melibatkan
perserta didik untuk melakukan aktivitas pembelajaran sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai.
2.
Metode yang digunakan melibatkan
peserta didik untuk menemukan konsep berkaitan dengan kompetensi yang akan
dicapai.
3.
Metode yang digunakan melibatkan
peserta didik untuk menerapkan apa yang telah ditemukan dalam situasi baru/
konteks yang berbeda.
4.
Metode yang digunakan
mengharuskan guru untuk mengukuhkan temuan peserta didik.
|
1 2 3
4
|
3
|
|
Penggunaan media
|
1.
menggunakan media yang autentik
2.
memberdayakan media yang tersedia
di sekeliling peserta didik, yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat
3.
media sesuai untuk mencapai
kompetensi
4.
media yang digunakan memungkinkan
peserta melakukan pengamatan, bertanya dan menarik kesimpulan.
|
1 2 3
4
|
4
|
|
Penguasaan kompetensi
|
1.
mendemonstrasikan perilaku
pembelajaran yang seharusnya dikuasai peserta didik melalui contoh/ pemodelan
2.
tugas yang diberikan kpd peserta
mencerminkan tahapan untuk mencapai kompentensi yang seharusnya dikuasai
peserta didik.
3.
memberikan balikan secara jelas
terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak sesuai dengan kompetensi
yang seharusnya dikuasi peserta.
4.
mampu merespon pertanyaan dan
komentar peserta secara tepat dan memadai.
|
1 2 3
4
|
5
|
|
Pembelajaran menyenangkan
|
1.
Memberdayakan permainan/ humor/
metode yang bervariasi untuk menyegarkana suasana
2.
Peserta banyak menggunakan
aktivitas pembelajaran dan mereka melaksanakan aktivitas dengan gembira.
3.
Peserta tidak takut mengajukan
pertanyaan/saran/pendapat.
4.
Peserta tidak takut
mengekspresikan kegembiraan misalnya dengan bertepuk tangan.
|
1 2 3
4
|
6
|
|
Keterkaitan metode dengan pengembangan kecapakan
|
1.
Metode yang digunakan melibatkan
peserta untuk bekerja sama (learning
community)
2.
Metode yang digunakan mendorong peserta
untuk mengajukan pertanyaan/ pendapat kritis dan kreatif.
3.
Metode yang digunakan bersifat
menantang sehingga mendorong peserta didik melakukan aktivitas secara
sungguh-sungguh dan antusias.
4.
Metode yang digunakan mendorong
siswa untuk mempertahankan pendapat dan berpendapat yang berbeda.
|
1 2 3
4
|
7
|
Refleksi dan penilaian
|
Refleksi
|
1.
Mendorong peserta mengungkapkan
apa yang telah dipelajari.
2.
Mendorong peserta menugungkapkan
kesan-kesan berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan.
3.
Mendorong peserta mengungkapkan
saran untuk perbaikan pembelajaran.
4.
Memberikan penguatan/pujian
terhadap upaya/ kerja keras yang telah dilakukan peserta didik.
|
1 2 3
4
|
8
|
|
Penilaian
|
1.
Melakukan penilaian sesuai dengan
kompetensi yang seharusnya dicapai.
2.
Kriteria penilaian jelas dan
dapat diukur.
3.
Memberi kesempatan kepada peserta
untuk melakukan self-assessment
(penilaian diri sendiri), peer-assessment
(penilaian antar teman) dengan kriteria yangh telah ditetapkan.
4.
Penilaian dilaksanakan selama dan
setelah aktivitas pembelajaran.
|
1 2 3
4
|
9
|
Faktor penunjang
|
Penggunaan bahasa
|
1.
Ucapan jelas dan mudah dipahami
2.
Menggunakan kosa kata dan
tatabahasa yang
3.
Kalimat-kalimat yang digunakan
bervariasi dan tidak monoton.
4.
Pembicaraan lancar, tidak
tersendat-sendat.
|
1 2 3
4
|
10
|
|
Rasa percaya diri
|
1.
Tatapan mata dan gerak tubuh menunjukkan
sikap tenang.
2.
Nada suara dan intonasi
menunjukkan sikap tegas, optimis dan tidak ragu-ragu.
3.
Merespon setiap pertanyaan,
tanggapan atau saran dari peseta didik dengan emosi yang stabil.
4.
Semua pertanyaan, tanggapan atau
saran dijawab dengan tenang, tidak gugup, dan penuh rasa optimis.
|
1 2 3
4
|
Skor maksimal ideal =
40 Skor yang diperoleh
praktikan =
|
||||
Nilai maksimal
= 100 Nilai yang diperoleh = Jumlah skor yang diperoleh × 100 =
40
|
Cara
pemberian skor untuk setiap indikator :
Skor
1: kurang = jika tidak ada deskriptor yang teramati Keterangan nilai
Skor
2: cukup = jika satu deskriptor teramati ≤ 60 = kurang
Skor
3: baik = jika 2
deskriptor teramati 60-69 = cukup
Skor
4: sangat baik = jika
tiga/empat descriptor teramati 70-84 = baik
85-100 = sangat baik
Simpulan
penilaian :
Temuan :
Rekomendasi/saran :
Penilai,
……………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar