Selasa, 14 Mei 2019

INSTRUMEN KEMAMPUAN PENILAIAN MENGAJAR


INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGAJAR

Nama Guru                           :                                                               Materi     :                                              
NIP                                         :              

No.
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor
1
Membuka pelajaran
Apersepi/ orientasi
1.    membuka pelajaran dengan salam memeriksa kehadiran
2.    mengajukan pertanyaan/ menggali informasi berkaitan dengan kompetensi yang akan dicapai
3.    mengemukakan kompetensi yang akan dicapai.
4.    mengkaitkan manfaat penguasaan kompetensi dalam kehidupan peserta didik.
1   2   3   4
2
Melaksanakan kegiatan inti
Penggunaan metode
1.    Metode yang digunakan melibatkan perserta didik untuk melakukan aktivitas pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
2.    Metode yang digunakan melibatkan peserta didik untuk menemukan konsep berkaitan dengan kompetensi yang akan dicapai.
3.    Metode yang digunakan melibatkan peserta didik untuk menerapkan apa yang telah ditemukan dalam situasi baru/ konteks yang berbeda.
4.    Metode yang digunakan mengharuskan guru untuk mengukuhkan temuan peserta didik.  
1   2   3   4
3

Penggunaan media
1.    menggunakan media yang autentik
2.    memberdayakan media yang tersedia di sekeliling peserta didik, yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
3.    media sesuai untuk mencapai kompetensi
4.    media yang digunakan memungkinkan peserta melakukan pengamatan, bertanya dan menarik kesimpulan.
1   2   3   4
4

Penguasaan kompetensi
1.    mendemonstrasikan perilaku pembelajaran yang seharusnya dikuasai peserta didik melalui contoh/ pemodelan
2.    tugas yang diberikan kpd peserta mencerminkan tahapan untuk mencapai kompentensi yang seharusnya dikuasai peserta didik.
3.    memberikan balikan secara jelas terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak sesuai dengan kompetensi yang seharusnya dikuasi peserta.
4.    mampu merespon pertanyaan dan komentar peserta secara tepat dan memadai.

1   2   3   4
5

Pembelajaran menyenangkan
1.    Memberdayakan permainan/ humor/ metode yang bervariasi untuk menyegarkana suasana
2.    Peserta banyak menggunakan aktivitas pembelajaran dan mereka melaksanakan aktivitas dengan gembira.
3.    Peserta tidak takut mengajukan pertanyaan/saran/pendapat.
4.    Peserta tidak takut mengekspresikan kegembiraan misalnya dengan bertepuk tangan.

1   2   3   4
6

Keterkaitan metode dengan pengembangan kecapakan
1.    Metode yang digunakan melibatkan peserta untuk bekerja sama (learning community)
2.    Metode yang digunakan mendorong peserta untuk mengajukan pertanyaan/ pendapat kritis dan kreatif.
3.    Metode yang digunakan bersifat menantang sehingga mendorong peserta didik melakukan aktivitas secara sungguh-sungguh dan antusias.
4.    Metode yang digunakan mendorong siswa untuk mempertahankan pendapat dan berpendapat yang berbeda.

1   2   3   4
7
Refleksi dan penilaian
Refleksi
1.    Mendorong peserta mengungkapkan apa yang telah dipelajari.
2.    Mendorong peserta menugungkapkan kesan-kesan berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan.
3.    Mendorong peserta mengungkapkan saran untuk perbaikan pembelajaran.
4.    Memberikan penguatan/pujian terhadap upaya/ kerja keras yang telah dilakukan peserta didik.

1   2   3   4
8

Penilaian
1.    Melakukan penilaian sesuai dengan kompetensi yang seharusnya dicapai.
2.    Kriteria penilaian jelas dan dapat diukur.
3.    Memberi kesempatan kepada peserta untuk melakukan self-assessment (penilaian diri sendiri), peer-assessment (penilaian antar teman) dengan kriteria yangh telah ditetapkan.
4.    Penilaian dilaksanakan selama dan setelah aktivitas pembelajaran.
1   2   3   4
9
Faktor penunjang
Penggunaan bahasa
1.    Ucapan jelas dan mudah dipahami
2.    Menggunakan kosa kata dan tatabahasa yang baku.
3.    Kalimat-kalimat yang digunakan bervariasi dan tidak monoton.
4.    Pembicaraan lancar, tidak tersendat-sendat.

1   2   3   4
10

Rasa percaya diri
1.    Tatapan mata dan gerak tubuh menunjukkan sikap tenang.
2.    Nada suara dan intonasi menunjukkan sikap tegas, optimis dan tidak ragu-ragu.
3.    Merespon setiap pertanyaan, tanggapan atau saran dari peseta didik dengan emosi yang stabil.
4.    Semua pertanyaan, tanggapan atau saran dijawab dengan tenang, tidak gugup, dan penuh rasa optimis.

1   2   3   4
Skor maksimal ideal =  40        Skor yang diperoleh praktikan =
Nilai maksimal         =  100       Nilai yang diperoleh =  Jumlah skor yang diperoleh   × 100 =
                                                                                                             40

Cara pemberian skor untuk setiap indikator :
Skor 1: kurang                     = jika tidak ada deskriptor yang teramati                         Keterangan nilai
Skor 2: cukup                      = jika satu deskriptor teramati                                            ≤ 60        = kurang
Skor 3: baik                         = jika 2 deskriptor teramati                                                 60-69     = cukup
Skor 4: sangat baik             = jika tiga/empat descriptor teramati                                70-84     = baik
85-100      = sangat baik

Simpulan penilaian             :

Temuan                                 :

Rekomendasi/saran           :



                                                                                                                                                Penilai,



                                                                                                                                                ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar