RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: MAN 2
ACEH TENGAH
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: X/Genap
Materi
Pokok : Teks
Naratif; Informasi Terkait Legenda Rakyat
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 2
Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi
Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.8 Membedakan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
· Mengidentifikasi kalimat-kalimat
yang memuat bagian-bagian legenda yang ditanyakan
· Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks Naratif
· Memahami struktur teks Naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda
rakyat
· Memahami unsur kebahasaan dari teks Naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda
rakyat
|
4.8 Menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks Naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat
|
· Membacakan legenda dengan intonasi,
ucapan dan tekanan kata yang benar, dengan saling mengoreksi
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Ø Mengidentifikasi
persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks NaRratif
Ø Memahami struktur
teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
Ø Memahami unsur
kebahasaan dari teks NaRratif dalam memberi dan meminta informasi terkait
legenda rakyat
Ø Membacakan legenda
dengan intonasi, ucapan dan tekanan kata yang benar.
D. Materi
Pembelajaran
Ø Fungsi
Sosial
Mendapat
hiburan, menghibur, mengajarkan nilai-nilai luhur, mengambil teladan
Ø Struktur
Teks
Dapat
mencakup:
-
Orientasi
-
Komplikasi
-
Resolusi
-
Orientasi ulang
Ø Unsur
Kebahasaan
-
Kalimat-kalimat dalam simple past tense dan lainnya yang
relevan
-
Kosa kata: terkait
karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø Topik
Cerita
legenda yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
E. Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media
Pembelajaran
1.
Media
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
2.
Alat/Bahan
v Penggaris, spidol,
papan tulis
v Laptop &
infocus
G. Sumber
Belajar
v Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X, Kemendikbud, Revisi Tahun 2016, Modul
Pegangan guru
v Kamus Bahasa
Inggris
v Pengalaman peserta
didik dan guru
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (2 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Allah SWT dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang struktur Bahasanya.
|
||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 70 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi kalimat-kalimat yang
memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi kalimat-kalimat
yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan kalimat-kalimat
yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian
legenda dari sebuah cerita
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi kalimat-kalimat
yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan seksama materi kalimat-kalimat
yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain selain buku
teks
|
||
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi kalimat-kalimat yang
memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah
cerita yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi kalimat-kalimat
yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua informasi tentang
materi kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri
kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita sesuai
dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi tentang materi :
|
||
kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA)
dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi
kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa
soal mengenai materi kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda dari
sebuah cerita
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian
legenda dari sebuah cerita dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|||
kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang
materi kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi kalimat-kalimat yang
memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian
legenda dari sebuah cerita berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi
kalimat-kalimat yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah
untuk materi pelajaran kalimat-kalimat
yang memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran kalimat-kalimat yang memuat
bagian-bagian legenda dari sebuah cerita
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaran kalimat-kalimat yang
memuat bagian-bagian legenda dari sebuah cerita kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (2 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan
saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 70 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi persamaan dan
perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi persamaan dan
perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi
persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
teks naratif untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan persamaan dan
perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi persamaan dan
perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif oleh
guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan seksama materi
persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
teks naratif yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain selain buku
teks
|
||
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi persamaan dan
perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif yang
sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi persamaan dan perbedaan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif yang sedang
dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks naratif yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi persamaan dan
perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua informasi tentang
materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks naratif yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri persamaan
dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi tentang materi :
|
||
persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi
persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
teks naratif yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa
soal mengenai materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks naratif
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi persamaan dan perbedaan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi persamaan dan perbedaan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|||
persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang
materi persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi persamaan dan perbedaan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif yang akan
selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi persamaan dan perbedaan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran persamaan dan perbedaan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi persamaan
dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah
untuk materi pelajaran persamaan dan
perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif yang
baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran persamaan dan perbedaan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaran persamaan dan
perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
3.
|
Pertemuan Ke-3 (2 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang materi :
|
||
struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 70 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi struktur teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi struktur teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi
struktur teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda
rakyat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan struktur teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait struktur teks naratif dalam memberi dan meminta
informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi struktur teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan seksama materi
struktur teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda
rakyat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain selain buku
teks
|
||
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi struktur teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang sedang
dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi struktur teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait
legenda rakyat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi struktur teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua informasi tentang
materi struktur teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait
legenda rakyat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri struktur
teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi tentang materi :
|
||
struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi
struktur teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa
soal mengenai materi struktur teks naratif dalam memberi dan meminta
informasi terkait legenda rakyat
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi struktur teks naratif dalam memberi dan
meminta informasi terkait legenda rakyat dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|||
struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang
materi struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi struktur teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang akan selesai
dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran struktur teks naratif dalam memberi dan
meminta informasi terkait legenda rakyat berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi struktur
teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah
untuk materi pelajaran struktur teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran struktur teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaran struktur teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
4.
|
Pertemuan Ke-4 (2 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
unsur kebahasaan dari teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 70 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi unsur kebahasaan dari
teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi unsur
kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait
legenda rakyat
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi
unsur kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi
terkait legenda rakyat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan unsur kebahasaan
dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait unsur kebahasaan dari teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi unsur kebahasaan
dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
unsur kebahasaan dari teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
unsur kebahasaan dari teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan seksama materi
unsur kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi
terkait legenda rakyat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain selain buku
teks
|
||
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur kebahasaan dari
teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang
sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur kebahasaan dari teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang
sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi unsur kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta
informasi terkait legenda rakyat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur kebahasaan dari teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua informasi tentang
materi unsur kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi
terkait legenda rakyat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri unsur
kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait
legenda rakyat sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi tentang materi :
|
||
unsur kebahasaan dari teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
unsur kebahasaan dari teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi
unsur kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi
terkait legenda rakyat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa
soal mengenai materi unsur kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan
meminta informasi terkait legenda rakyat
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
unsur kebahasaan dari teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur kebahasaan dari teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
unsur kebahasaan dari teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur kebahasaan dari teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi unsur kebahasaan dari teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|||
unsur kebahasaan dari teks naratif
dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang
materi unsur kebahasaan dari teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi unsur kebahasaan dari
teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang
akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi unsur kebahasaan dari teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran unsur kebahasaan dari teks naratif dalam
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi unsur
kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait
legenda rakyat yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah
untuk materi pelajaran unsur
kebahasaan dari teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait
legenda rakyat yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran unsur kebahasaan dari teks
naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaran unsur kebahasaan dari
teks naratif dalam memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan
sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses
pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS :
Bekerja Sama
• JJ :
Jujur
• TJ :
Tanggun Jawab
• DS :
Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran
dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,
singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan
kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi
kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal
= jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap
= (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
2.
Penilaian
Pengetahuan
Tabel Penilaian
Aspek Pengetahuan
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
1-5
|
Skor
1-4
|
|
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
Sangat memahami
|
5
|
4
|
|
Memahami
|
4
|
3
|
|||
Cukup memahami
|
3
|
2
|
|||
Kurang memahami
|
Hampir
tidak
memahami
|
2
|
1
|
||
Tidak memahami
|
1
|
||||
2
|
Keruntutan
Teks
|
Struktur
teks yang digunakan sangat
runtut
|
5
|
4
|
|
Struktur teks yang digunakan runtut
|
4
|
3
|
|||
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
|
3
|
2
|
|||
Struktur
teks yang
digunakan
kurang
runtut
|
Struktur
teks yang
digunakan
hampir
tidak runtut
|
2
|
1
|
||
Struktur
teks yang
digunakan
tidak
runtut
|
1
|
||||
3
|
Pilihan
Kosakata
|
Sangat variatif dan tepat
|
5
|
4
|
|
Variatif dan tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup variatif dan tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang
variatif dan
tepat
|
Hampir
tidak
variatif dan tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak
variatif dan
tepat
|
1
|
||||
4
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
Pilihan tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan
tata bahasa
kurang tepat
|
Pilihan
tata bahasa
hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan
tata bahasa
tidak tepat
|
1
|
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Penilaian
Presentasi/Monolog
Nama peserta didik: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Baik
|
Kurang baik
|
1.
|
Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)
|
||
2.
|
Isi presentasi (kedalaman, logika)
|
||
3.
|
Koherensi dan kelancaran berbahasa
|
||
4.
|
Bahasa:
|
||
Ucapan
|
|||
Tata bahasa
|
|||
Perbendaharaan kata
|
|||
5.
|
Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)
|
||
Skor yang dicapai
|
|||
Skor maksimum
|
10
|
Keterangan:
Baik mendapat skor
2
Kurang baik
mendapat skor 1
b.
Rubrik untuk
Penilaian Unjuk Kerja
AKTIVITAS
|
KRITERIA
|
||
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
|
Melakukan
Observasi
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
|
Semua kegiatan jelas dan terperinci
|
Role
Play
|
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada
transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur
kebahasaan sesuai
|
Simulasi
|
Fungsi social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan
tidak tepat
|
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsure
kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan
tepat
|
Presentasi
|
Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide
presentasi
|
Lancar, topik jelas, dan menggunakan slide presentasi
tetapi kurang menarik
|
Sangat lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi
yang menarik
|
Melakukan
Monolog
|
Membaca teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan
unsur kebahasaan kurang tepat, serta tidak lancar
|
Kurang lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure
kebahasaan tepat dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur
kebahasaan sesuai, kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Keterangan:
MAHIR mendapat skor 3
MEMUASKAN mendapat skor 2
TERBATAS mendapat skor 1
c.
Penilaian
Portofolio
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Alokasi Waktu : 1
Semester
Sampel yang
Dikumpulkan : karangan
Nama Peserta didik
: ______________ Kelas
:_________
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Periode
|
Contoh
aspek yang dinilai
|
Catatan
pendidik
|
|||
Tata bahasa
|
Perbendaharaan
kata
|
Kelengkapan
gagasan
|
Sistematika
|
||||
1.
|
Menulis
karangan deskriptif
|
30/7
|
|||||
10/8
|
|||||||
.... dst
|
|||||||
2.
|
Membuat
Resensi Buku
|
1/9
|
|||||
30/9
|
|||||||
.... dst
|
d.
Penilaian
Kemampuan Menulis
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
1-5
|
Skor
1-4
|
|
1
|
Keaslian
Penulisan
|
Sangat original
|
5
|
4
|
|
Original
|
4
|
3
|
|||
Cukup original
|
3
|
2
|
|||
Kurang memahami
|
Hampir
tidak
original
|
2
|
1
|
||
Tidak original
|
1
|
||||
2
|
Kesesuaian
isi dengan
judul
|
Isi sangat sesuai dengan judul
|
5
|
4
|
|
Isi sesuai dengan judul
|
4
|
3
|
|||
Isi cukup sesuai dengan judul
|
3
|
2
|
|||
Isi kurang sesuai dengan judul
|
Isi
hampir tidak
sesuai dengan judul
|
2
|
1
|
||
Isi tidak sesuai dengan judul
|
1
|
||||
3
|
Keruntutan Teks
|
Keruntutan teks sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Keruntutan teks tepat
|
4
|
3
|
|||
Keruntutan teks cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Keruntutan teks kurang tepat
|
Isi
hampir tidak
sesuai dengan judul
|
2
|
1
|
||
Keruntutan teks tidak tepat
|
1
|
||||
4
|
Pilihan
Kosakata
|
Pilihan kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan kosakata kurang tepat
|
Pilihan kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan kosakata tidak tepat
|
1
|
||||
5
|
Pilihan tata bahasa
|
Pilihan tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan tata bahasa kurang tepat
|
Pilihan tata bahasa hamper tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan tata bahasa tidak tepat
|
1
|
||||
6
|
Penulisan Kosakata
|
Penulisan kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Penulisan kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Penulisan kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Penulisan kosakata kurang tepat
|
Penulisan kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Penulisan kosakata tidak tepat
|
1
|
||||
7
|
Kerapihan Tulisan
|
Tulisan rapi dan mudah terbaca
|
5
|
4
|
|
Tulisan tidak rapi tetapi mudah terbaca
|
4
|
3
|
|||
Tulisan tidak rapi dan tidak mudah terbaca
|
3
|
2
|
|||
Tulisan tidak rapi dan sulit terbaca
|
Tulisan rapi dan hamper tidak terbaca
|
2
|
1
|
||
Tulisan tidak rapi dan tidak terbaca
|
1
|
e.
Penilaian
Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
1-5
|
Skor
1-4
|
|
1
|
Pengucapan (pronounciation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
|
|
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu makna
|
4
|
3
|
|||
Ada
beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
|
3
|
2
|
|||
Banyak
kesalahan
dan
mengganggu
makna
|
Hampir
semua
salah
dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
||
Terlalu
banyak
kesalahan
dan
mengganggu makna
|
1
|
||||
2
|
Intonasi (intonation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
|
|
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu makna
|
4
|
3
|
|||
Ada
beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
|
3
|
2
|
|||
Banyak
kesalahan
dan
mengganggu
makna
|
Hampir
semua
salah
dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
||
Terlalu
banyak
kesalahan
dan
mengganggu makna
|
1
|
||||
3
|
Kelancaran (fluency)
|
Sangat lancar
|
5
|
4
|
|
Lancar
|
4
|
3
|
|||
Cukup lancar
|
3
|
2
|
|||
Kurang lancar
|
Sangat tidak lancar
|
2
|
1
|
||
Tidak lancar
|
1
|
||||
4
|
Ketepatan Makna (accuracy)
|
Sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
Hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak tepat
|
1
|
Skor Penilaian
No.
|
Huruf
|
Rentang
angka
|
1.
|
Sangat Baik (A)
|
86-100
|
2.
|
Baik (B)
|
71-85
|
3.
|
Cukup (C)
|
56-70
|
4.
|
Kurang (D)
|
≤ 55
|
4.
Pengayaan
Bagi peserta didik yang telah mencapai target
pembelajaran sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir, perlu diberikan
kegiatan pengayaan.
5.
Pengayaan
Bagi peserta didik yang belum mencapai target
pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan
remedial
……….............……..,...
Juli 20...
Mengetahui
Kepala
Sekolah …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala
Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar