Rabu, 13 Februari 2019

SAP METODE PENELITIAN


A.     IDENTITAS MATA KULIAH

1. Nama Mata Kuliah : Penelitian Pendidikan

B.     TUJUAN MATA KULIAH

Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar dan praktik penelelitian pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat:

1.      Memahami  konsep ragam penelitian pendidikan
2.      Memahami  dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif
3.      Memahami  dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif.
4.      Memahami  dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif;
5.      Memahami  dan mengaplikasikan konsep desain penelitian tindakan kelas;
6.      Memahami  dan mengaplikasikan konsep proposal dan laporan penelitian.

    C.DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah kebahasaan membahas secara mendalam konsep Metodelogi penelitian khususnya dalam lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan Metodelogi penelitian dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penelitian pendidikan, (2) ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan 2 PTK, dan (6) strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep metodelogi penelitian. Dan diharapkan mahasiswa mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat berkerja di lingkungan persekolahan.

D.PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN

Pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata kuliah ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran. Metode dan teknik pembelajaran yang dipilih adalah metode dan teknik pembelajaran yang bersifat interaktif yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif dan kontekstual. Pada proses pembelajaran, mahasiswa dituntut aktif dan kreatif untuk menemukan konsep keilmuan secara mandiri maupun secara kelompok. Oleh sebab itu, model learning from presentation akan digunakan sebagai model inti dalam pembelajaran yang didukung oleh model-model pembelajaran lain seperti model curah pendapat, inquiry discovery dan kooperatif. Teknik diskusi, tanya jawab, ceramah akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.



E. EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN

Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah: (1) Penulisan Makalah/Tugas/Penampilan (20%), (2) Ujian Tengah Semester (40%), dan (3) Ujian Akhir Semester (40%). Bentuk evaluasi yang digunakan adalah Ujian Tulis, Ujian Lisan, dan Ujian Perbuatan.
.
F. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN

Sejalan dengan tujuan perkuliahan di atas, pokok-pokok substansi kajian mata kuliah ini dapat dinyatakan sebagai berikut.

Pertemuan 1: KONSEP
1.Pengertian penelitian pendidikan
2.Rasionalisasi perlunya penelitian
3.Tujuan penelitian pendidikan
4.Fungsi penelitian pendidikan
5.Proses penelitian pendidikan

Pertemuan 2 : RAGAM PENELITIAN PENDIDIKAN
1.Metodologi dan metode penelitian
2.Jenis-jenis metode penelitian pendidikan
3.Jenis lingkup penelitian pendidikan

Pertemuan 3 : KONSEP DASAR PENELITIAN KUANTITATIF
1.Pengertian penelitian kuantitatif
2.Prosedur penelitian kuantitatif

Pertemuan 4-5 : PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF
1.      Variabel, definisi operasional, dan instrumen penelitian  
2.Data sumber data penelitian
3.Pengumpulan data, analisis data,dan penarikan simpulan

Pertemuan 6-7 : PENELITIAN EKSPERIMEN
1.Konsep dan proses penelitian eksperimen
2.Pengolahan data penelitian eksperimen

Pertemuan 8 : UJIAN TENGAH SEMESTER

Pertemuan 9-10 : PENELITIAN KUALITATIF
1.Konsepdasarpenelitiankualitatif
2.Tahapanpenelitiankualitatif
3.Data penelitiankualitatif
Pertemuan 11 : PENGUMPULAN DATA PENELITIAN KUALITATIF
1.Observasi
2.Wawancara
3.Instrumen kunci dan kelebihan dan kekurangan teknik pengumpulan data


PERTEMUAN 12 : ANALISIS DATA KUALITATIF
1.Konsep analisis data kualitatif
2.Penafsiran data kualitatif
3.Aplikasi penelitian kualitatif: Studi kasus

Pertemuan 13 : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.Konsep Dasar PTK
2.Model Pelaksanaan PTK

Pertemuan 14-15 : MENYUSUN PROPOSAL DAN LAPORAN PENELITIAN

1. Proposal Penelitian
2.Laporan Penelitian

Pertemuan 16 : UJIAN AKHIR SEMESTER





Tidak ada komentar:

Posting Komentar