A. IDENTITAS MATA KULIAH
1. Nama Mata Kuliah : Penelitian Pendidikan
B. TUJUAN MATA KULIAH
Secara umum mata kuliah ini
bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar dan
praktik penelelitian pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara
khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat:
1.
Memahami konsep ragam penelitian pendidikan
2.
Memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian
kuantitatif
3.
Memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian
kualitatif.
4.
Memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian
kualitatif;
5.
Memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian
tindakan kelas;
6.
Memahami dan mengaplikasikan konsep proposal dan
laporan penelitian.
C.DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah kebahasaan membahas secara mendalam konsep
Metodelogi penelitian khususnya dalam lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif
maupun penelitian kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada
dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan Metodelogi
penelitian dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil
penelitian. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penelitian
pendidikan, (2) ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksanaan
penelitian kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian
kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan 2 PTK, dan (6)
strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata
kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep metodelogi penelitian.
Dan diharapkan mahasiswa mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang
pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat berkerja di lingkungan
persekolahan.
D.PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN
Pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata kuliah
ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan
menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran. Metode dan teknik
pembelajaran yang dipilih adalah metode dan teknik pembelajaran yang bersifat
interaktif yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif dan kontekstual. Pada
proses pembelajaran, mahasiswa dituntut aktif dan kreatif untuk menemukan
konsep keilmuan secara mandiri maupun secara kelompok. Oleh sebab itu, model
learning from presentation akan digunakan sebagai model inti dalam pembelajaran
yang didukung oleh model-model pembelajaran lain seperti model curah pendapat,
inquiry discovery dan kooperatif. Teknik diskusi, tanya jawab, ceramah akan
digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.
E. EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN
Untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi oleh
mahasiswa dilakukan proses evaluasi dalam berbagai jenis dan bentuk. Jenis
evaluasi yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah: (1) Penulisan
Makalah/Tugas/Penampilan (20%), (2) Ujian Tengah Semester (40%), dan (3) Ujian
Akhir Semester (40%). Bentuk evaluasi yang digunakan adalah Ujian Tulis, Ujian
Lisan, dan Ujian Perbuatan.
.
F. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN
Sejalan dengan tujuan perkuliahan di atas, pokok-pokok
substansi kajian mata kuliah ini dapat dinyatakan sebagai berikut.
Pertemuan 1: KONSEP
1.Pengertian penelitian pendidikan
2.Rasionalisasi perlunya penelitian
3.Tujuan penelitian pendidikan
4.Fungsi penelitian pendidikan
5.Proses penelitian pendidikan
Pertemuan 2 : RAGAM PENELITIAN PENDIDIKAN
1.Metodologi dan metode penelitian
2.Jenis-jenis metode penelitian pendidikan
3.Jenis lingkup penelitian pendidikan
Pertemuan 3 : KONSEP DASAR PENELITIAN KUANTITATIF
1.Pengertian penelitian kuantitatif
2.Prosedur penelitian kuantitatif
Pertemuan 4-5 : PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF
1. Variabel, definisi operasional, dan
instrumen penelitian
2.Data sumber data penelitian
3.Pengumpulan data, analisis data,dan penarikan
simpulan
Pertemuan 6-7 : PENELITIAN EKSPERIMEN
1.Konsep dan proses penelitian eksperimen
2.Pengolahan data penelitian eksperimen
Pertemuan 8 : UJIAN TENGAH SEMESTER
Pertemuan 9-10 : PENELITIAN KUALITATIF
1.Konsepdasarpenelitiankualitatif
2.Tahapanpenelitiankualitatif
3.Data penelitiankualitatif
Pertemuan 11 : PENGUMPULAN DATA PENELITIAN KUALITATIF
1.Observasi
2.Wawancara
3.Instrumen kunci dan kelebihan dan kekurangan teknik
pengumpulan data
PERTEMUAN 12 : ANALISIS DATA KUALITATIF
1.Konsep analisis data kualitatif
2.Penafsiran data kualitatif
3.Aplikasi penelitian kualitatif: Studi kasus
Pertemuan 13 : PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.Konsep Dasar PTK
2.Model Pelaksanaan PTK
Pertemuan 14-15 : MENYUSUN PROPOSAL DAN LAPORAN PENELITIAN
1. Proposal Penelitian
2.Laporan Penelitian
Pertemuan 16 : UJIAN AKHIR SEMESTER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar