Jumat, 10 Agustus 2018

LEMBAR OBSERVASI PTK GURU



Lampiran 9
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS GURU
SIKLUS II

Nama Pengamat           :
Materi                          :
Hari /Tanggal              

1.          Isilah kolom Skor sesuai pedoman penilaian berikut:
Pedoman penskoran setiap indikator sebagai berikut:
Skor 5       : Jika semua deskreptor muncul
Skor 4       : Jika tiga deskreptor muncul
Skor 3       : Jika dua deskreptor muncul
Skor 2       : Jika satu deskreptor muncul
Skor 1       : Jika tidak ada deskreptor muncul

2.          Isilah kolom catatan dengan deskreptor-deskreptor yang muncul
Tahap
Indikator
Deskreptor
Skor
Catatan
















Awal
1.   Melakukan aktivitas rutin sehari-hari
a.    Mengucapkan Salam
b.   Mengabsensi Siswa
c.    Menciptakan  suasana belajar yang kondusif
d.   Membangkitkan keterlibatan siswa


2.   Menyampaikan tujuan
a.    Tujuan disampaikan di awal pembelajaran
b.   Tujuan Pembelajaran sesuai dengan materi
c.    Tujuan sesuai dengan lembar kerja
d.   Tujuan diungkapkan  dengan bahasa yang mudah dipahami siswa


3.   Menentukan materi  dan pentingnya materi
a.    Mempertegas materi yang akan dipelajari
b.   Memperjelas pentingnya materi dalam  pembelajaran Bahasa Inggris
c.    Menjelaskan pentingnya materi dalam kehidupan sehari-hari
d.   Meminta siswa bertanya


4.   Membangkitkan pengetahuan prasyarat siswa
a.    Menanyakan pengetahuan atau pengalaman siswa tentang materi
b.    Memancing siswa untuk mengingat kembali materi prasyarat yang dibutuhkan
c.    Mengaitkan pengetahuan prasyarat dengan materi yang akan dipelajari
d.    Memberi kesempatan siswa untuk bertanya


5.   Membantu kelompok
a.    Kelompok terdiri dari 6 orang siswa
b.   Kelompok yang terdiri dari siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah
c.    Kelompok terdiri dari laki-laki dan perempuan
d.   Kelompok memilih ketua dan sekretaris


6.   Menjelaskan tugas siswa
a.    Menjelaskan  bahwa semua siswa harus aktif
b.   Menjelaskan bahwa semua siswa dalam kelompok harus berkerjasama
c.    Menjelaskan bahwa semua anggota kelompok harus saling berbagi tugas
d.   Menjelaskan bahwa anggota kelompok harus memahami materi









Inti
1.   Meminta siswa memahami LKS
a.    Meminta siswa memahami lembar kerja
b.   Meminta siswa membaca lembar kerja
c.    Meminta siswa memahami maksud lembar kerja dengan diskusi sesama anggota kelompok
d.   Memancing dan mendorong siswa untuk bertanya


2.   Membimbing dan mengarahkan siswa bekerja kooperatif
a.    Memantau kerja setiap kelompok dengan berkeliling
b.   Meminta siswa agar tidak bekerja secara individual
c.    Membantu kelompok yang mengalami kesulitan
d.   Memotivasi siswa yang kurang aktif  dalam kelompok


3.   Membantu kelompok menyelesaikan tugas
a.    Mengelilingi masing-masing kelompok
b.   Memotivasi siswa kurang aktif
c.    Mengarahkan dan membimbing siswa kerja kelompok
d.   Memberi penguatan pada kelompok








Akhir
1.   Melakukan evaluasi
a.    Melakukan Tanya jawab secara lisan kepada siswa secara acak
b.   Memberikan soal yang sesuai dengan materi yang dipelajari
c.    Memberikan soal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
d.   Memberi penguatan kepada siswa


2.   Mengakhiri pembelajaran
a.    Mengatur kelas dengan kembali dalam posisi semula
b.   Memotivasi siswa siswa untuk lebih  giat belajar
c.    Menginformasikan materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
d.   Menutup dengan salam



Jumlah Skor



Persentase Nilai Rata-Rata (NR) = x 100% = ……… x 100% = ………

Taraf Keberhasilan Tindakan
a. 90% ≤ NR ≤ 100%  = Sangat Baik                                                 Takengon,…..
b. 80% ≤ NR ≤ 89%    = Baik                                                             Pengamat,
c. 70% ≤ NR ≤ 79%    = Cukup
d. 60% ≤ NR ≤ 69%    = Kurang                                                        
e. 0% ≤ NR ≤ 59%      = Kurang Sekali                     
                                                                                   








Lampiran 10
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
SIKLUS III

Nama Pengamat           :
Materi                          :
Hari /Tanggal               :          

1.          Isilah kolom Skor sesuai pedoman penilaian berikut:
Pedoman penskoran setiap indikator sebagai berikut:
Skor 5       : Jika semua deskreptor muncul
Skor 4       : Jika tiga deskreptor muncul
Skor 3       : Jika dua deskreptor muncul
Skor 2       : Jika satu deskreptor muncul
Skor 1       : Jika tidak ada deskreptor muncul

2.       Isilah kolom catatan dengan deskreptor-deskreptor yang muncul
Tahap
Indikator
Deskreptor
Skor
Catatan














Awal







1.   Melakukan aktivitas rutin sehari-hari
a.       Mengucapkan Salam
b.       Menjawab absen guru
c.       Menjawab pertanyaan guru
d.       Mendengarkan Penjelasan guru


2.   Menyampaikan tujuan
a.       Memperhatikan Penjelasan guru
b.       Mencatat tujuan
c.       Mengajukan pendapat atau menjawab pertanyaan guru
d.       Menanyakan hal-hal yang belum jelas


3.   Memperhatikan penjelasan guru
a.       Memperhatikan penjelasan guru
b.       Mencatat materi
c.       Mengajukan pendapat atau menjawab pertanyaan guru
d.       Menjawab hal-hal yang belum jelas


4.   Keterlibatan dalam membangkitkan pengetahuan awal
a.       Menjawab pertanyaan guru
b.       Menanggapi penjelasan guru
c.       Mengemukakan pendapat atau alasan
d.       Mengomentari pendapat siswa


5.   Keterlibatan dalam pembentukan kelompok
a.       Bersedia menjadi anggota
b.      Menerima keberadaan kelompok
c.       Mau bekerja sama
d.      Akrab dengan kelompok


6.   Memahami    Tugas
7.        
a.       Memperhatikan penjelasan tugas kelompok
b.       Menanyakan tugas yang belum dipahami
c.       Memberi tugas sesuai kesepakatan
d.       Memberi tugas  secara merata












Inti
1.   Memahami lembar kerja siswa
a.       Menciptakan suasana tenang dikelas
b.       Membaca secara individu
c.       Berusaha memahami lembar kerja siswa
d.       Bertanya kepada guru




2.   Keterlibatan menyelesaikan tugas kelompok
a.       Melakukan tugas individu
b.       Melaksanakan tugas kelompok
c.       Menyelesaikan lembar kerja
d.       Semua anggota


3.   Aktifitas siswa yang berkemampuan tinggi
a.       Aktif dalam kelompok
b.       Tidak memonopoli tugas kelompok
c.       Mengemukakan pendapat atau alasan
d.       Menanggapi pendapat teman


4.   Aktivitas siswa berkemampuan sedang
a.       Aktif dalam kelompok
b.       Tidak memonopoli tugas kelompok
c.       Mengemukakan pendapat atau alasan
d.       Menanggapi pendapat teman


5.   Aktivitas siswa berkemampuan rendah
a.       Aktif dalam kelompok
b.       Tidak memonopoli tugas kelompok
c.       Mengemukakan pendapat atau alasan
d.       Menanggapi pendapat teman


6.   Bekerja dalam kelompok
a.       Memperhatikan laporan
b.       Menanyakan pada pelapor
c.       Memperhatikan jawaban pelapor
d.       Membantu memberi jawaban






Akhir
1.   Menanggapi evaluasi
a.       Menanyakan jika ada yang kurang jelas
b.       Menjawab pertanyaan guru
c.       Menghargai jawaban teman
d.       Melengkapi jawaban teman


2.   Mengakhiri pembelajaran
a.       Mengatur kelas dalam posisi semula
b.       Mengembalikan media
c.       Memperhatikan penjelasan guru
d.       Menjawab salam



Jumlah Skor



Persentase Nilai Rata-Rata (NR) = x 100% = ……… x 100% = ………

Taraf Keberhasilan Tindakan
a. 90% ≤ NR ≤ 100%  = Sangat Baik                                                 Takengon,
b. 80% ≤ NR ≤ 89%    = Baik                                                             Pengamat,
c. 70% ≤ NR ≤ 79%    = Cukup
d. 60% ≤ NR ≤ 69%    = Kurang                                                        
e. 0% ≤ NR ≤ 59%      = Kurang Sekali                                             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar