Lampiran 9
LEMBAR
OBSERVASI AKTIVITAS GURU
SIKLUS
II
Nama Pengamat :
Materi :
Hari /Tanggal :
1.
Isilah
kolom Skor sesuai pedoman penilaian berikut:
Pedoman
penskoran setiap indikator sebagai berikut:
Skor
5 : Jika semua deskreptor muncul
Skor
4 : Jika tiga deskreptor muncul
Skor
3 : Jika dua deskreptor muncul
Skor
2 : Jika satu deskreptor muncul
Skor
1 : Jika tidak ada deskreptor muncul
2.
Isilah
kolom catatan dengan deskreptor-deskreptor yang muncul
Tahap
|
Indikator
|
Deskreptor
|
Skor
|
Catatan
|
Awal
|
1. Melakukan aktivitas rutin
sehari-hari
|
a. Mengucapkan Salam
b. Mengabsensi Siswa
c. Menciptakan suasana belajar yang kondusif
d. Membangkitkan keterlibatan siswa
|
|
|
2. Menyampaikan tujuan
|
a. Tujuan disampaikan di awal
pembelajaran
b. Tujuan Pembelajaran sesuai dengan
materi
c. Tujuan sesuai dengan lembar kerja
d. Tujuan diungkapkan dengan bahasa yang mudah dipahami siswa
|
|
|
|
3. Menentukan materi dan pentingnya materi
|
a. Mempertegas materi yang akan
dipelajari
b. Memperjelas pentingnya materi
dalam pembelajaran Bahasa Inggris
c. Menjelaskan pentingnya materi
dalam kehidupan sehari-hari
d. Meminta siswa bertanya
|
|
|
|
4. Membangkitkan pengetahuan
prasyarat siswa
|
a. Menanyakan pengetahuan atau
pengalaman siswa tentang materi
b. Memancing siswa untuk mengingat
kembali materi prasyarat yang dibutuhkan
c. Mengaitkan pengetahuan prasyarat
dengan materi yang akan dipelajari
d. Memberi kesempatan siswa untuk
bertanya
|
|
|
|
5. Membantu kelompok
|
a. Kelompok terdiri dari 6 orang
siswa
b. Kelompok yang terdiri dari siswa
yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah
c. Kelompok terdiri dari laki-laki
dan perempuan
d. Kelompok memilih ketua dan
sekretaris
|
|
|
|
6. Menjelaskan tugas siswa
|
a. Menjelaskan bahwa semua siswa harus aktif
b. Menjelaskan bahwa semua siswa
dalam kelompok harus berkerjasama
c. Menjelaskan bahwa semua anggota
kelompok harus saling berbagi tugas
d. Menjelaskan bahwa anggota
kelompok harus memahami materi
|
|
|
|
Inti
|
1. Meminta siswa memahami LKS
|
a. Meminta siswa memahami lembar
kerja
b. Meminta siswa membaca lembar
kerja
c. Meminta siswa memahami maksud lembar
kerja dengan diskusi sesama anggota kelompok
d. Memancing dan mendorong siswa
untuk bertanya
|
|
|
2. Membimbing dan mengarahkan siswa
bekerja kooperatif
|
a. Memantau kerja setiap kelompok
dengan berkeliling
b. Meminta siswa agar tidak bekerja
secara individual
c. Membantu kelompok yang mengalami
kesulitan
d. Memotivasi siswa yang kurang
aktif dalam kelompok
|
|
|
|
3. Membantu kelompok menyelesaikan
tugas
|
a.
Mengelilingi
masing-masing kelompok
b.
Memotivasi
siswa kurang aktif
c.
Mengarahkan
dan membimbing siswa kerja kelompok
d.
Memberi
penguatan pada kelompok
|
|
|
|
Akhir
|
1. Melakukan evaluasi
|
a. Melakukan Tanya jawab secara
lisan kepada siswa secara acak
b. Memberikan soal yang sesuai
dengan materi yang dipelajari
c. Memberikan soal yang sesuai
dengan tujuan pembelajaran
d. Memberi penguatan kepada siswa
|
|
|
2. Mengakhiri pembelajaran
|
a.
Mengatur
kelas dengan kembali dalam posisi semula
b.
Memotivasi
siswa siswa untuk lebih giat belajar
c.
Menginformasikan
materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
d.
Menutup
dengan salam
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
Persentase
Nilai Rata-Rata (NR) =
x
100% = ……… x 100% = ………
![](file:///C:/Users/ASUSPC~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.png)
Taraf
Keberhasilan Tindakan
a. 90% ≤ NR ≤ 100% = Sangat Baik Takengon,…..
a. 90% ≤ NR ≤ 100% = Sangat Baik Takengon,…..
b.
80% ≤ NR ≤ 89% = Baik Pengamat,
c.
70% ≤ NR ≤ 79% = Cukup
d.
60% ≤ NR ≤ 69% = Kurang
e.
0% ≤ NR ≤ 59% = Kurang Sekali
Lampiran 10
LEMBAR
OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
SIKLUS
III
Nama Pengamat :
Materi :
Hari /Tanggal :
1.
Isilah
kolom Skor sesuai pedoman penilaian berikut:
Pedoman
penskoran setiap indikator sebagai berikut:
Skor
5 : Jika semua deskreptor muncul
Skor
4 : Jika tiga deskreptor muncul
Skor
3 : Jika dua deskreptor muncul
Skor
2 : Jika satu deskreptor muncul
Skor
1 : Jika tidak ada deskreptor muncul
2. Isilah kolom catatan dengan
deskreptor-deskreptor yang muncul
Tahap
|
Indikator
|
Deskreptor
|
Skor
|
Catatan
|
Awal
|
1. Melakukan aktivitas rutin
sehari-hari
|
a. Mengucapkan Salam
b. Menjawab absen guru
c. Menjawab pertanyaan guru
d. Mendengarkan Penjelasan guru
|
|
|
2. Menyampaikan tujuan
|
a. Memperhatikan Penjelasan guru
b. Mencatat tujuan
c. Mengajukan pendapat atau menjawab
pertanyaan guru
d. Menanyakan hal-hal yang belum
jelas
|
|
|
|
3. Memperhatikan penjelasan guru
|
a. Memperhatikan penjelasan guru
b. Mencatat materi
c. Mengajukan pendapat atau menjawab
pertanyaan guru
d. Menjawab hal-hal yang belum jelas
|
|
|
|
4. Keterlibatan dalam membangkitkan
pengetahuan awal
|
a.
Menjawab
pertanyaan guru
b.
Menanggapi
penjelasan guru
c.
Mengemukakan
pendapat atau alasan
d.
Mengomentari
pendapat siswa
|
|
|
|
5. Keterlibatan dalam pembentukan
kelompok
|
a.
Bersedia
menjadi anggota
b.
Menerima
keberadaan kelompok
c.
Mau
bekerja sama
d.
Akrab
dengan kelompok
|
|
|
|
6. Memahami Tugas
7.
|
a.
Memperhatikan
penjelasan tugas kelompok
b.
Menanyakan
tugas yang belum dipahami
c.
Memberi
tugas sesuai kesepakatan
d.
Memberi
tugas secara merata
|
|
|
|
Inti
|
1.
Memahami
lembar kerja siswa
|
a. Menciptakan suasana tenang
dikelas
b. Membaca secara individu
c. Berusaha memahami lembar kerja
siswa
d. Bertanya kepada guru
|
|
|
2.
Keterlibatan
menyelesaikan tugas kelompok
|
a. Melakukan tugas individu
b. Melaksanakan tugas kelompok
c. Menyelesaikan lembar kerja
d. Semua anggota
|
|
|
|
3.
Aktifitas
siswa yang berkemampuan tinggi
|
a.
Aktif
dalam kelompok
b.
Tidak
memonopoli tugas kelompok
c.
Mengemukakan
pendapat atau alasan
d.
Menanggapi
pendapat teman
|
|
|
|
4.
Aktivitas
siswa berkemampuan sedang
|
a. Aktif dalam kelompok
b. Tidak memonopoli tugas kelompok
c. Mengemukakan pendapat atau alasan
d. Menanggapi pendapat teman
|
|
|
|
5.
Aktivitas
siswa berkemampuan rendah
|
a. Aktif dalam kelompok
b. Tidak memonopoli tugas kelompok
c. Mengemukakan pendapat atau alasan
d. Menanggapi pendapat teman
|
|
|
|
6.
Bekerja
dalam kelompok
|
a. Memperhatikan laporan
b. Menanyakan pada pelapor
c. Memperhatikan jawaban pelapor
d. Membantu memberi jawaban
|
|
|
|
Akhir
|
1.
Menanggapi
evaluasi
|
a. Menanyakan jika ada yang kurang
jelas
b. Menjawab pertanyaan guru
c. Menghargai jawaban teman
d. Melengkapi jawaban teman
|
|
|
2.
Mengakhiri
pembelajaran
|
a.
Mengatur
kelas dalam posisi semula
b.
Mengembalikan
media
c.
Memperhatikan
penjelasan guru
d.
Menjawab
salam
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
Persentase
Nilai Rata-Rata (NR) =
x
100% = ……… x 100% = ………
![](file:///C:/Users/ASUSPC~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.png)
Taraf
Keberhasilan Tindakan
a. 90% ≤ NR ≤ 100% = Sangat Baik Takengon,
a. 90% ≤ NR ≤ 100% = Sangat Baik Takengon,
b.
80% ≤ NR ≤ 89% = Baik Pengamat,
c.
70% ≤ NR ≤ 79% = Cukup
d.
60% ≤ NR ≤ 69% = Kurang
e.
0% ≤ NR ≤ 59% = Kurang Sekali
Tidak ada komentar:
Posting Komentar