LEMBAR PENGESAHAN
1. Judul PTK :
“Upaya Meningkatkan
Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris
Pada Materi Descriptive Text Melalui Penggunaan Media Tutup Botol
BekasPada Kelas X MAN 2 Aceh Tengah”
(PTK Pada Kelas X MAN 2 Aceh
Tengah Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2017/2018)
2. Penulis : Zuyyina, M.Pd
NIP : 19780313 200710 2 007
Jabatan : Guru Bahasa Inggris
Pangkat
/ Gol : Penata /III.c
Unit
Kerja : Kelas MAN 2 Aceh Tengah
3. Lokasi
Penelitian : MAN 2 Aceh Tengah
Lama Penelitian : 2 Bulan (September- Oktober 2017)
4. Biaya
Penelitian : Biaya Sendiri
Takengon, 20 Oktober 2017
Peneliti,
Zuyyina, M. Pd
NIP 19780313 200710 2 007
Mengetahui /
Mengesahkan
Kepala MAN 2 Aceh
Tengah,
Walid,
M. Ag
NIP.
19700103 199903 1 001
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN PTK
Yang bertanda Tangan dibawah Ini :
Peneliti : Zuyyina, M. Pd
NIP : 19780313 200710 2 007
Jabatan : Guru Bahasa Inggris
Pangkat/Gol : Penata / III.c
Unit Kerja : MAN 2 Aceh Tengah
Alamat Rumah : Pinangan Kecamatan Kebayakan
No Hp :
085270103960
Email : zuyyinaina@gmail.com
Menyatakan dengan sebenarnya
bahwa Laporan Hasil Penelitian:
Dengan Judul :
“Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata
Bahasa Inggris
Pada Materi Descriptive Text Melalui Penggunaan Media Tutup Botol
BekasPada Kelas X MAN 2 Aceh Tengah”
(PTK Pada Kelas X MAN 2 Aceh
Tengah Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2017/2018)
Adalah Benar asli hasil karya
sendiri.
Demikianlah
surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan apabila ternyata pernyataan
ini tidak benar, maka saya bersedia untuk menerima sanksi sesuai dengan hukum
atau peraturan yang berlaku.
Takengon, 20 Oktober 2017
Yang
membuat pernyataan,
Zuyyina, M. Pd
NIP
19780313 200710 2 007
ABSTRAK
Zuyyina, M. Pd 2017. Upaya
Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Materi Descriptive Text
Melalui Penggunaan Media Tutup Botol Bekas.
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk
mengetahui efektivitas penggunaan media Tutup Botol Bekas untuk meningkatkan
penguasaan kosa kata Bahasa Inggris, Untuk mengetahui proses peningkatan
penguasaan kosa kata Bahasa Inggris melalui penggunaan media Tutup Botol Bekas,
Untuk mengetahui presentase peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris
melalui penggunaan media Tutup Botol Bekas. Selama ini siswa belajar
biasa-biasa saja, malah banyak diantara mereka yang sibuk dengan urusan pribadi
masing-masing diluar pengetahuan guru di kelas, sehingga pembelajaran Bahasa
Inggris jadi tidak efektif. Dengan pembelajaran menggunakan media Tutup Botol
Bekas semua siswa dapat berpartisipasi aktif
dan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, sehingga media Tutup
Botol Bekas ini dapat meningkatkan penguasaan kosa kata mereka dalam pembelajaran. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas X MAN 2 Aceh Tengah dengan objek 48 orang siswa yang
terdiri dari 21 siswa pria dan 27 siswa wanita untuk dua siklus. Prosedur yang dilakukan
dalam setiap siklus adalah perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi.
Hasil refkleksi pada setiap siklus dijadikan sebagai replanning (perencanaan
perbaikan) untuk siklus berikutnya. Sedangkan skenario pembelajaran yang
dilakukan meliputi skenario untuk masing-masing siklus, membuat lembar
observasi, merencanakan kegiatan PBM dan melakukan evaluasi. Peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris pada materi Descriptive text menggunakan
media Tutup Botol Bekas pada siswa kelas X MAN 2 Aceh Tengah tampak pada perolehan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan terlihat pada presentase hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan terlihat pada presentase hasil belajar secara klasikal, dimana siswa yang mengalami ketuntasan sesuai KKM 80, yakni siklus I sebanyak 12 orang, atau sebesar 25%, siklus II sebanyak
24 orang siswa atau
50% dan siklus III
sebanyak 42 siswa atau
87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Tutup Botol Bekas mampu meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga penguasaan kosa kata Bahasa Inggris pada Materi Descriptive
text telah meningkat.
Kata Kunci: Penguasaan, Kosa Kata, Media Tutup Botol Bekas
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan kekuatan lahir dan bathin
kepada penulis, sehingga Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas ini dapat
diselesaikan. Shalawat dan salam tidak lupa pula kita sanjungkan kepada
junjungan kita Nabi Muhammad, SAW yang senantiasa kita jadikan contoh dan suri
teladan dalam kehidupan sehari-hari.
Penulisan Karya
Tulis Ilmiah ini dimaksudkan untuk keikutsertaan dalam lomba Karya Tulis Ilmiah
dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang diselenggarakan oleh Bidang
Kependidikan Madrasah Kantor Wilayah Provinsi Aceh. Keberhasilan penulisan
Karya Tulis Ilmiah ini merupakan karunia dari Allah SWT dan berkat dukungan
dari berbagai pihak, baik langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, pada
kesempatan ini dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan penghargaan
dan ucapan terimakasih kepada Bapak Walid, M. Ag selaku kepala MAN 2 Aceh
Tengah yang telah memberi ijin dalam pelaksanaan penelitian ini, Ibu Agustina,
S. Ag selaku guru Bahasa Inggris sekaligus sebagai observer dalam Penelitian
Tindakan Kelas ini yang banyak berperan dan mendukung penulis dalam
menyiapkan penyusunan laporan penelitian
ini, dan seluruh keluarga besar MAN 2 Aceh Tengah yang selalu mendukung dalam
penelitian ini, juga seluruh siswa/i kelas X MAN 2 Aceh Tengah yang telah
terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas.
Penulis menyadari
akan segala keterbatasan dan kekurangan dari isi maupun tulisan karya ilmiah
ini. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis
harapkan. Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi
bagi pengembangan pembelajaran di Madrasah.
Takengon, 20 Oktober 2017
Penulis,
Zuyyina,
M. Pd
NIP 19780313 200710 2 007
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN Judul....................................................................................... ............ i
HALAMAN Pengesahan........................................................................ ........... ii
sURAT PERNYATAAN............................................................................... .......... iii
ABSTRAK................................................................................................................. iv
Kata Pengantar.................................................................................... ........... v
Daftar Isi.................................................................................................... .......... vi
Daftar Tabel........................................................................................... ......... vii
Daftar Gambar....................................................................................... ........ viii
Daftar LAMPIRAN................................................................................... .......... ix
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. ........... 1
A. Latar Belakang Masalah ......................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .................................................................................. 5
C. TujuanPenelitian....................................................................................... 5
D. Manfaat Penelitian................................................................................... 6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.................................................................... ........... 7
A.
Kajian
Teori................................................................................................ 7
B.
Kerangka
Berfikir.................................................................................... 12
C.
Hipotesis
Tindakan................................................................................. 16
BAB III METODOLOGI PENELITIAN...................................................... ......... 17
A. Setting Penelitian................................................................................... 17
B. Subjek Penelitian................................................................................... 17
C. Sumber Data........................................................................................... 18
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data.................................................... 18
E. Validasi Data........................................................................................... 20
F. Analisis Data........................................................................................... 20
G. Prosedur Penelitian............................................................................... 21
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN........................................ 29
A. Deskripsi Kondisi Awal.......................................................................... 29
B. Deskripsi Siklus I..................................................................................... 30
C. Deskripsi Siklus II.................................................................................... 35
D. Deskripsi Siklus III ................................................................................. 41
E. Pembahasan Tiap dan Antar Siklus................................................... 47
F. Hasil Penelitian....................................................................................... 50
BAB V PENUTUP.................................................................................................. 55
A. Simpulan.................................................................................................. 55
B. Implikasi................................................................................................... 56
C. Saran........................................................................................................ 57
DAFTAR
RUJUKAN.............................................................................................. 58
LAMPIRAN............................................................................................................... 59
DAFTAR TABEL
Halaman
4.1 Aktivitas Guru Siklus I.................................................................................... 32
4.2 Aktivitas Siklus I.............................................................................................. 33
4.3
Frekuensi Data Nilai Bahasa Inggris Kelas X Siklus I ............................. 34
4.4
Hasil Tes Siklus I............................................................................................ 35
4.5
Aktivitas Guru Siklus II................................................................................... 37
4.6
Aktivitas Siswa pada Siklus II....................................................................... 38
4.7
Frekuensi Data Nilai Bahasa Inggris Kelas X Siklus II............................. 39
4.8 Hasil Tes Siklus II........................................................................................... 40
4.9
Aktivitas Guru Siklus III.................................................................................. 43
4.10 Aktivitas Siswa
Siklus III................................................................................ 44
4.11 Frekuensi Data
Nilai Bahasa Inggris Kelas X Siklus III............................ 45
4.12 Hasil Tes Siklus
III.......................................................................................... 46
4.13 Perbandingan
Aktivitas Guru Persiklus...................................................... 50
4.14 Perbandingan
Aktivitas Siswa Persiklus.................................................... 52
4.15 Perbandingan
Ketuntasan Persiklus................................................ ......... 53
DAFTAR GAMBAR
Halaman
4.1 Nilai Bahasa Inggris Siswa Kelas X MAN Siklus I.................................... 34
4.2 Nilai
Bahasa Inggris Siswa Kelas X MAN Siklus II................................... 40
4.3
Nilai Bahasa Inggris Siswa Kelas
X MAN Siklus III.................................. 45
4.4
Perbandingan Persentase Aktivitas Guru Persiklus................................ 51
4.5
Perbandingan Persentase Aktivitas Siswa Persiklus............................... 52
4.6
Perbandingan Persentase Ketuntasan Hasil Belajar............................... 53
.
DAFTAR
LAMPIRAN
1.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
3.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus III
4.
Lembar Observasi Aktivitas Guru Siklus I
5.
Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus I
6.
Lembar Observasi Aktivitas Guru Siklus II
7.
Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus II
8.
Lembar Observasi Aktivitas Guru Siklus III
9.
Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus III
10.
Lembar Kerja Siswa Siklus I
11.
Lembar Kerja Siswa Siklus II
12.
Lembar Kerja Siswa Siklus III
13.
Soal Tes Formatif Siklus I
14.
Soal Tes Formatif Siklus II
15.
Soal Tes Formatif Siklus III
16.
Daftar Nama Siswa kelas X MAN 2 Aceh Tengah Tahun
Pelajaran 2017/2018
17.
Data Siklus I
18.
Hasil Tes Siswa Tertinggi Siklus I
19.
Hasil Tes Siswa Terendah Siklus I
20.
Data Tes Siswa Siklus II
21.
Hasil Tes Siswa Tertinggi Siklus II
22.
Hasil Tes Siswa Terendah Siklus II
23.
Data Tes Siklus III
24.
Hasil Tes Siswa Tertinggi Siklus III
25.
Hasil Tes Siswa Terendah Siklus III
26.
Dokumentasi Pelaksanaan Siklus I, II dan III
27.
Berita Acara Pelaksanaan Seminar Laporan Hasil PTK
28.
Daftar Hadir Pelaksanaan Seminra PTK
29.
Notulensi Seminar Hasil PTK
30.
Bahan Tayang Paparan Penyajian pada acara seminar
proposal PTK
31.
Foto Kegiatan Acara Laporan Seminar PTK
32.
Susunan Panitia Seminar PTK
33.
Permohonan Izin Penelitian
34.
Surat Izin Penelitian
35.
Surat Keterangan telah melaksanakan penelitian
36.
Biografi Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar