Jumat, 10 Agustus 2018

LAMPIRAN PTK



 LEMBAR PENGESAHAN

1.  Judul PTK             :
Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Materi Descriptive Text  Melalui Penggunaan Media Tutup Botol BekasPada Kelas X MAN 2 Aceh Tengah”
(PTK Pada Kelas X MAN 2 Aceh Tengah Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2017/2018)

2.  Penulis                               : Zuyyina, M.Pd
NIP                                     : 19780313 200710 2 007
Jabatan                             : Guru Bahasa Inggris
Pangkat / Gol                   : Penata /III.c
Unit Kerja                          : Kelas MAN 2 Aceh Tengah

3.  Lokasi Penelitian             : MAN 2 Aceh Tengah
     Lama Penelitian              : 2 Bulan (September- Oktober 2017)

4.  Biaya Penelitian              : Biaya Sendiri


Takengon, 20 Oktober 2017
Peneliti,



Zuyyina, M. Pd
NIP 19780313 200710 2 007



 
Mengetahui / Mengesahkan


Kepala MAN 2 Aceh Tengah,



                                      Walid, M. Ag
NIP. 19700103 199903 1 001

 


SURAT PERNYATAAN KEASLIAN PTK



Yang bertanda Tangan dibawah Ini :

Peneliti                  : Zuyyina, M. Pd
NIP                         : 19780313 200710 2 007
Jabatan                 : Guru Bahasa Inggris
Pangkat/Gol         :  Penata / III.c
Unit Kerja              : MAN 2 Aceh Tengah
Alamat Rumah     :   Pinangan Kecamatan Kebayakan
No Hp                    : 085270103960
Email                     : zuyyinaina@gmail.com  

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa Laporan Hasil Penelitian:

Dengan Judul :

Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Materi Descriptive Text  Melalui Penggunaan Media Tutup Botol BekasPada Kelas X MAN 2 Aceh Tengah”
     (PTK Pada Kelas X MAN 2 Aceh Tengah Semester Ganjil Tahun
     Pelajaran 2017/2018)

Adalah Benar asli hasil karya sendiri.

Demikianlah surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan apabila ternyata pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia untuk menerima sanksi sesuai dengan hukum atau peraturan yang berlaku.

Takengon, 20 Oktober 2017
                       Yang membuat pernyataan,





                       Zuyyina, M. Pd
                       NIP 19780313 200710 2 007



ABSTRAK

Zuyyina, M. Pd 2017. Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Materi Descriptive Text Melalui Penggunaan Media Tutup Botol Bekas. 
            Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Tutup Botol Bekas untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris, Untuk mengetahui proses peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris melalui penggunaan media Tutup Botol Bekas, Untuk mengetahui presentase peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris melalui penggunaan media Tutup Botol Bekas.  Selama ini siswa belajar biasa-biasa saja, malah banyak diantara mereka yang sibuk dengan urusan pribadi masing-masing diluar pengetahuan guru di kelas, sehingga pembelajaran Bahasa Inggris jadi tidak efektif. Dengan pembelajaran menggunakan media Tutup Botol Bekas semua siswa dapat berpartisipasi aktif  dan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, sehingga media Tutup Botol Bekas ini dapat meningkatkan penguasaan kosa kata  mereka dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAN 2 Aceh Tengah dengan objek 48 orang siswa yang terdiri dari 21 siswa pria dan 27 siswa wanita untuk dua siklus. Prosedur yang dilakukan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pengamatan, tindakan, dan refleksi. Hasil refkleksi pada setiap siklus dijadikan sebagai replanning (perencanaan perbaikan) untuk siklus berikutnya. Sedangkan skenario pembelajaran yang dilakukan meliputi skenario untuk masing-masing siklus, membuat lembar observasi, merencanakan kegiatan PBM dan melakukan evaluasi.  Peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris pada materi Descriptive  text menggunakan media Tutup Botol Bekas pada siswa kelas X MAN 2 Aceh Tengah tampak pada perolehan hasil belajar siswa pada setiap siklus.  Hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan terlihat pada presentase hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan terlihat pada presentase hasil belajar secara klasikal, dimana siswa yang mengalami ketuntasan sesuai KKM 80, yakni siklus I sebanyak 12 orang, atau sebesar 25%, siklus II sebanyak 24 orang siswa atau 50% dan siklus III sebanyak 42 siswa atau 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Tutup Botol Bekas mampu meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga penguasaan kosa kata Bahasa Inggris pada Materi Descriptive text telah meningkat.

Kata Kunci:  Penguasaan, Kosa Kata, Media Tutup Botol Bekas








KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan kekuatan lahir dan bathin kepada penulis, sehingga Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas ini dapat diselesaikan. Shalawat dan salam tidak lupa pula kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad, SAW yang senantiasa kita jadikan contoh dan suri teladan dalam kehidupan sehari-hari.
Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini dimaksudkan untuk keikutsertaan dalam lomba Karya Tulis Ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang diselenggarakan oleh Bidang Kependidikan Madrasah Kantor Wilayah Provinsi Aceh. Keberhasilan penulisan Karya Tulis Ilmiah ini merupakan karunia dari Allah SWT dan berkat dukungan dari berbagai pihak, baik langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Bapak Walid, M. Ag selaku kepala MAN 2 Aceh Tengah yang telah memberi ijin dalam pelaksanaan penelitian ini, Ibu Agustina, S. Ag selaku guru Bahasa Inggris sekaligus sebagai observer dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yang banyak berperan dan mendukung penulis dalam menyiapkan  penyusunan laporan penelitian ini, dan seluruh keluarga besar MAN 2 Aceh Tengah yang selalu mendukung dalam penelitian ini, juga seluruh siswa/i kelas X MAN 2 Aceh Tengah yang telah terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas.
Penulis menyadari akan segala keterbatasan dan kekurangan dari isi maupun tulisan karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan. Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran di Madrasah.

 Takengon, 20 Oktober 2017
 Penulis,



 Zuyyina, M. Pd
 NIP 19780313 200710 2 007

 



 

 

 


DAFTAR ISI

                        Halaman

HALAMAN Judul....................................................................................... ............ i

HALAMAN Pengesahan........................................................................ ........... ii
sURAT PERNYATAAN............................................................................... .......... iii
ABSTRAK................................................................................................................. iv      
Kata Pengantar.................................................................................... ........... v
Daftar Isi.................................................................................................... .......... vi
Daftar Tabel........................................................................................... ......... vii
Daftar Gambar....................................................................................... ........ viii
Daftar LAMPIRAN................................................................................... .......... ix

BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. ........... 1

A.  Latar Belakang Masalah ......................................................................... 1
B.  Rumusan Masalah .................................................................................. 5
C. TujuanPenelitian....................................................................................... 5
D. Manfaat Penelitian................................................................................... 6

BAB II TINJAUAN PUSTAKA.................................................................... ........... 7
A.  Kajian Teori................................................................................................ 7
B.  Kerangka Berfikir.................................................................................... 12
C. Hipotesis Tindakan................................................................................. 16

BAB III METODOLOGI  PENELITIAN...................................................... ......... 17
A.  Setting Penelitian................................................................................... 17
B.  Subjek Penelitian................................................................................... 17
C. Sumber Data........................................................................................... 18
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data.................................................... 18
E.  Validasi Data........................................................................................... 20
F.  Analisis Data........................................................................................... 20
G. Prosedur Penelitian............................................................................... 21

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN........................................ 29
A.  Deskripsi Kondisi Awal.......................................................................... 29
B.  Deskripsi Siklus I..................................................................................... 30
C. Deskripsi Siklus II.................................................................................... 35
D. Deskripsi Siklus III ................................................................................. 41
E.  Pembahasan Tiap  dan Antar Siklus................................................... 47
F.  Hasil Penelitian....................................................................................... 50

BAB V PENUTUP.................................................................................................. 55
A.  Simpulan.................................................................................................. 55
B.  Implikasi................................................................................................... 56
C. Saran........................................................................................................ 57
DAFTAR RUJUKAN.............................................................................................. 58
LAMPIRAN............................................................................................................... 59

DAFTAR TABEL

                                                                                                             Halaman

4.1   Aktivitas Guru Siklus I.................................................................................... 32
4.2   Aktivitas Siklus I.............................................................................................. 33
4.3   Frekuensi Data Nilai Bahasa Inggris Kelas X Siklus I ............................. 34
4.4   Hasil Tes Siklus I............................................................................................ 35
4.5   Aktivitas Guru Siklus II................................................................................... 37
4.6   Aktivitas Siswa pada Siklus II....................................................................... 38
4.7   Frekuensi Data Nilai Bahasa Inggris Kelas X Siklus II............................. 39
4.8   Hasil Tes Siklus II........................................................................................... 40
4.9   Aktivitas Guru Siklus III.................................................................................. 43
4.10 Aktivitas Siswa Siklus III................................................................................ 44
4.11 Frekuensi Data Nilai Bahasa Inggris Kelas X Siklus III............................ 45
4.12 Hasil Tes Siklus III.......................................................................................... 46
4.13 Perbandingan Aktivitas Guru Persiklus...................................................... 50
4.14 Perbandingan Aktivitas Siswa Persiklus.................................................... 52
4.15 Perbandingan Ketuntasan Persiklus................................................ ......... 53




DAFTAR GAMBAR

                                                                                                                         Halaman

4.1   Nilai Bahasa Inggris Siswa Kelas X MAN Siklus I.................................... 34
4.2   Nilai Bahasa Inggris Siswa Kelas X MAN Siklus II................................... 40
4.3   Nilai Bahasa Inggris Siswa Kelas X MAN Siklus III.................................. 45
4.4   Perbandingan Persentase Aktivitas Guru Persiklus................................ 51
4.5   Perbandingan Persentase Aktivitas Siswa Persiklus............................... 52
4.6   Perbandingan Persentase Ketuntasan Hasil Belajar............................... 53
.






















DAFTAR LAMPIRAN

                                                                                                       

1.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
3.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus III
4.    Lembar Observasi Aktivitas Guru Siklus I
5.    Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus I
6.    Lembar Observasi Aktivitas Guru Siklus II
7.    Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus II
8.    Lembar Observasi Aktivitas Guru Siklus III
9.    Lembar Observasi Aktivitas Siswa Siklus III
10. Lembar Kerja Siswa Siklus I
11. Lembar Kerja Siswa Siklus II
12. Lembar Kerja Siswa Siklus III
13. Soal Tes Formatif Siklus I
14. Soal Tes Formatif Siklus II
15. Soal Tes Formatif Siklus III
16. Daftar Nama Siswa kelas X MAN 2 Aceh Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018
17. Data Siklus I
18. Hasil Tes Siswa Tertinggi Siklus I
19. Hasil Tes Siswa Terendah Siklus I
20. Data Tes Siswa Siklus II
21. Hasil Tes Siswa Tertinggi Siklus II
22. Hasil Tes Siswa Terendah Siklus II
23. Data Tes Siklus III
24. Hasil Tes Siswa Tertinggi Siklus III
25. Hasil Tes Siswa Terendah Siklus III
26. Dokumentasi Pelaksanaan Siklus I, II dan III
27. Berita Acara Pelaksanaan Seminar Laporan Hasil PTK
28. Daftar Hadir Pelaksanaan Seminra PTK
29. Notulensi Seminar Hasil PTK
30. Bahan Tayang Paparan Penyajian pada acara seminar proposal PTK
31. Foto Kegiatan Acara Laporan Seminar PTK
32. Susunan Panitia Seminar PTK
33. Permohonan Izin Penelitian
34. Surat Izin Penelitian
35. Surat Keterangan telah melaksanakan penelitian
36.  Biografi Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar