EDS
Format 1: Evaluasi Diri Guru untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (diisi oleh Guru)
Nama Sekolah: MAN 2 Aceh Tengah
|
NSS :
|
|
Alamat : Bebesen
|
Kecamatan
: Bebesen
|
Kabupaten
: Aceh Tengah
|
Nama Guru
: Zuyyina, M. Pd
|
Tahun Pelajaran : 2017/2018
|
Tanggal
: 10 Juli 2017
|
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
|
EVALUASI DIRI
TERHADAP INDIKATOR KINERJA
|
|
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
||
1.
Guru memformulasikan tujuan
pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan
memperhatikan karakteristik peserta didik
|
Saya
sudah
tau sedikit
bagaimana menyusun RPP sesuai standar proses berbasis PKB,PKWR,PEK dan PAK
Karena silabus yang saya jadikan landasan juga belum bermuatan PKB,PKWR,PEK dan PAK.
|
|
2.
Guru menyusun bahan ajar secara
runut, logis, kontekstual dan mutakhir
|
Saya
sudah pernah membuat bahan ajar yang berpedoman
pada beberapa referensi yang sesuai dengan silabus dan kurikulum
|
|
3.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
Saya
sudah
menguasai berbagai teori belajar dan
implementasinya dalam pembelajaran terutama teori-teori belajar yang sekarang
dirujuk, misalnya konstruktivisme
|
|
4.
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi
dan strategi pembelajaran
|
Saya
sudah memilih sumber belajar/media
pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
|
II.
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
||
A. Kegiatan pendahuluan
|
||
5.
Guru memulai pembelajaran
dengan efektif
|
Kadang-kadang sudah melaksanakan apersepsi
|
|
B. Kegiatan inti
|
||
6.
Guru menguasai materi
pelajaran
|
Saya telah
menguasai materi yang akan disajikan
|
|
7.
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
Saya sudah menerapkan pendekatan/strategi
pembelajaran yang efektif
|
8.
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
Saya memanfaatan
sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|
9.
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
Komunikasi
saya dengan peserta didik lancar-lancar saja, saya tidak menemukan kendala
dalam aspek ini.
|
|
10.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
Saya merasa tidak mengalami
kendala dalam menggunakan bahasa kepada peserta didik dalam pembelajaran
|
|
C. Kegiatan penutup
|
||
11.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
Saya terkadang mengalami kendala dalam
melakukan tindak lanjut kepada peserta didik dikarenakan waktu yang tidak
cukup
|
|
III.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
||
12.
Guru merancang alat penilaian untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan
belajar peserta didik
|
Saya mengalami kendala dalam
melakukan penilaian aspek afektif dan
psikomotorik
|
|
13.
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP
|
Saya telah
melakukan berbagai strategi dan metode
penilaian untuk memantau kemajuan dan
hasil belajar peserta didik dalammencapai kompetensi tertentu sebagaimana
yang tertulis dalam RPP meskipun
belum maksimal
|
|
14.
Guru memanfatkan berbagai hasil
penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan
belajarnya dan bahan penyusunan
rancangan pembelajaran selanjutnya
|
Saya telah memanfatkan berbagai
hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik
tentang kemajuan belajarnya dan bahan
penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya meskipun belum maksimal
|
|
Mengetahui:
Kepala MAN 2
Aceh Tengah
Walid, M. Ag
NIP: 19700103
199903 1 001
|
Guru Ybs,
Zuyyina, M.
pd
NIP: 19780313 200710 2 007
|
|
Format
2:
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh
Guru bersama Koordinator PKB Guru)
Nama
Sekolah :
|
NSS :
|
||||||
Kecamatan
:
|
Kabupaten : Aceh Tengah
|
Provinsi :Aceh
|
|||||
Nama
Guru: Zuyyina,M. Pd
|
Tahun Pelajaran :2017/2018
|
Tanggal : 10 Juli 2017
|
|||||
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
|
Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan nilai
kinerja
|
Strategi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
|||||||
1. Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
1.
Belajar mandiri.
2.
Mentoring dengan rekan sejawat tentang pengembangan silabus dan RPP
berorientasi EEK berbasis
PKB,PKWR,PEK,PAK
3.
Mengikuti kegiatan KKG dan Diklat yang diselenggarakan oleh lembaga
kedinasan maupun swasta berizin.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||
2. Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual
dan mutakhir
|
|||||||
3. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran
yang efektif
|
|||||||
4. Guru memilih sumber belajar/
media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
|||||||
II.
PELAKSANAAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
|||||||
A. Kegiatan pendahuluan
|
|||||||
5. Guru memulai pembelajaran
dengan efektif
|
|||||||
B. Kegiatan inti
|
|||||||
6. Guru menguasai materi
pelajaran
|
|||||||
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
|||||||
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|||||||
9.
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
|||||||
10.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|||||||
C. Kegiatan penutup
|
|||||||
11.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
|||||||
III.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|||||||
12.
Guru merancang alat penilaian untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan
belajar peserta didik
|
13.
Guru menggunakan berbagai strategi dan
metode penilaian untuk memantau
kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu
sebagaimana yang tertulis dalam RPP
|
||||||||
14. Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan
balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran
selanjutnya
|
1. Mengikuti kegiatan MGMP
pembahasan materi penilaian Autentik
2. Mengikuti diklat pengembangan penilaian
|
|||||||
Guru Ybs,
Zuyyina, M.
Pd
NIP: 19780313 200710 2 007
|
||||||||
Mengetahui:
Kepala MAN 2
Aceh Tengah
Walid, M. Ag
NIP 19700103
199903 1 001
|
||||||||
Catatan:
1.
Rencana PKB yang dilakukan
oleh guru sendiri
2.
Rencana PKB yang dilakukan
bersama guru lain
3.
Rencana PKB yang dilaksanakan
di sekolah
4.
Rencana PKB yang dilaksanakan
di KKG
5.
Rencana PKB yang dilaksanakan
oleh institusi selain sekolah atau KKG
6.
Kebutuhan PKB yang
belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasikan oleh Disdik untuk
dipertimbangkan.
Format 3: Rencana Final Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Guru (diisi oleh Koordinator PKB)
Nama Sekolah :
|
Nomor Standar Sekolah:
|
|||||||||||||||||||
Kecamatan :
|
Kabupaten :
|
Provinsi:
|
||||||||||||||||||
Tanggal :
|
||||||||||||||||||||
Noo
|
Nama Guru
|
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
KINERJA GURU
|
Publikasi Ilmiah
dan Karya Inovatif
|
Penunjang pembelajaran berkualitas
|
Pelaksanaan tugas tambahan
|
|||||||||||||||
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Penilaian
|
||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
|||||||
1.
|
Zuyyina,M. Pd
|
v
|
v
|
v
|
v
|
v
|
||||||||||||||
Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,
|
Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
|
|||||||||||||||||||
Format 5 : Deskripsi Diri sehubungan dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri)
Nama
Sekolah:
..............................................
|
Nomor
Standar Sekolah:
..........................................................................................
|
|
Alamat:
..............................................
|
Kecamatan:
........................................
|
Kabupaten/Kota:
........................................................
|
Nama Guru:
.............................................
|
Tahun
Ajaran:
...................................................................................................................
|
|
Nama
Koordinator PKB :
.............................................
|
Tanggal:
...................................................................................................................
|
|
1.
Kegiatan pengembangan diri yang
dilakukan selama satu tahun terakhir dalam upaya pengembangan kompetensi
guru.
|
1)
Kegiatan
.................................................................................................
Lama
kegiatan .......................................................................................
Tempat
kegiatan
....................................................................................
Tujuan
kegiatan ....................................................................................
Strategi
pelaksanaannya
.......................................................................
Cakupan
materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
2)
Kegiatan .................................................................................................
Lama
kegiatan
.......................................................................................
Tempat
kegiatan
..................................................................................
Tujuan
kegiatan
.....................................................................................
Strategi
pelaksanaannya
.......................................................................
Cakupan
materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
3)
Kegiatan
.................................................................................................
Lama
kegiatan .......................................................................................
Tempat
kegiatan
....................................................................................
Tujuan
kegiatan
.....................................................................................
Strategi pelaksanaannya
.......................................................................
Cakupan
materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
|
|
2.
Secara umum,
kesesuaian materi berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut terhadap mata
pelajaran yang diampu (jelaskan alasannya)
|
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
|
3.
Secara
keseluruhan, manfaat kegiatan pengembangan diri tersebut bagi:
|
Diri guru:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
|
Peserta didik:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
||
Sekolah:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
||
4.
Dampak dari
kegiatan pengembangan diri tersebut terhadap:
|
Diri guru:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
|
Peserta didik:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
||
Sekolah:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
||
5.
Secara
umum, permasalahan yang dihadapi dalam meng-implementasikan
hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut
|
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
|
6.
Upaya yang dilakukan untuk
mengatasi permasalahan tersebut
|
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
|
|
7.
Upaya yang dilakukan untuk
mensosialisasikan/-mendiseminasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri
kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar sekolah
|
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
|
8.
Jelaskan kegiatan atau upaya lain yang tidak termasuk unsur kegiatan
pengembangan diri tetapi mendukung peningkatan kompetensi guru atau membantu
memperlancar upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah
|
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
|
Tanda
tangan Guru:
|
Mengetahui:
Kepala Sekolah…………………………
…………………………………………………….
NIP……………………………………………………
|
Mengetahui:
Koordinator PKB,
………………………………………………………….
Pangkat …………………………………………….
NIP
……………………………………………………
|
1.
Isilah semua informasi yang dibutuhkan dengan benar pada format Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang tersedia.
2. Format 1. merupakan instrumen evaluasi diri untuk rencana pengembangan keprofesian
berkelanjutan.
Format evaluasi diri diisi guru dengan kekuatan dan
kelemahan terhadap penguasaan kompetensi
terkait sebelum melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika
ada, evaluasi diri tersebut dapat diperkuat dengan eviden (bukti) yang dapat
memperkuat pernyataan kekuatan dan kelemahan dari kompetensi terkait.
3.
Format 2. merupakan instrumen rencana pengembangan keprofesian
berkelanjutan yang akan dilakukan guru.
Format ini diisi oleh guru bersama dengan koordinator
pengembangan keprofesian berkelanjutan di sekolah. Kolom Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan guru diisi dengan kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dibutuhkan berdasarkan hasil evaluasi diri guru. Misalnya pada
format 1 guru menuliskan evaluasi diri pada kompetensi pedagogic no 2 “ belum dapat membedakan model, strategi,
pendekatan, metode dan teknik pembelajaran”
maka pada format 2 dijelaskan rencana guru dalam meningkatkan kompetensi
tersebut. Kolom strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan diisi dengan
ceklist (√) sesuai dengan rencana guru dalam melakukan pengembangan keprofesian
berkelanjutan. (lihat catatan di bagian bawah format 2)
4. Format 3. merupakan rekapitulasi rencana final pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk semua guru di
sekolah.
Format ini diisi oleh
koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan. Kolom kompetensi, kompetensi yang
menghasilkan Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif, kompetensi penunjang
pembelajaran berkualitas dan kompetensi melaksanakan tugas tambahan diisi
dengan tanda ceklist ( √ ) berdasarkan data rencana pengembangan keprofesian
berkelanjutan masing-masing guru sebagaimana tercantum dalam format 2.
5. Format 4. merupakan format refleksi guru setelah mengikuti
kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Bagian A. diisi oleh koordinator pengembangan keprofesian
berkelanjutan sesuai program, bukti fisik/portofolio individu guru yang
mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan dan hasil pengamatan terhadap usaha guru
dalam mengembangkan diri serta
pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang masih dibutuhkan guru.
Bagian B. diisi oleh guru yang dinilai bersama koordinator PKB
berkaitan dengan dampak/hasil pelaksanaan peningkatan kompetensi yang telah
dilakukan oleh guru.
Bagian C diisi dengan kesiapan guru dalam permohonan
kenaikan pangkat.
6. Format 5. Merupakan format
deskripsi diri guru sehubungan dengan kegiatan pengembangan diri yang diikutinya
selama satu tahun terakhir. Format ini diisi dan ditandatangani oleh guru.
a. Butir 1 diisi dengan berbagai kegiatan pengembangan diri yang
diikuti guru selama satu tahun terakhir. Untuk masing-masing kegiatan harus
dilengkapi dengan informasi sebagai berikut:
·
Lama kegiatan .................... (diisi dengan lama pelaksanaan kegiatan yang diikuti).
·
Tempat kegiatan .................(diisi dengan tempat pelaksanaan kegiatan
yang diikuti).
·
Tujuan kegiatan .............................. (diisi dengan tujuan kegiatan yang diikuti).
· Strategi pelaksanaannya ............. (diisi dengan strategi bagaimana kegiatan ini dilaksanakan, apakah
secara mandiri atau kelompok, di sekolah atau di luar sekolah (KKG/MGMP),
dengan bantuan kepakaran lain (Misalnya dari universitas, P4TK, penyedia jasa
pelatihan/layanan lainnya).
·
Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut (diisi dengan materi esensial apa saja yang
diberikan dalam kegiatan yang diikuti).
b. Butir 2 diisi dengan pendapat guru tentang kesesuain materi dari
berbagai kegiiatan pengembangan diri tersebut terhadap mata pelajaran yang
diampu, dan apa alasannya.
c. Butir 3 diisi dengan pendapat guru dan/atau sekolah tentang
manfaat dari berbagai kegiatan pengembangan diri yang diikuti baik bagi
dirinya, peserta didik, maupun bagi sekolah secara keseluruhan.
d. Butir 4 diisi dengan pendapat guru dan/atau sekolah tentang dampak
dari berbagai kegiatan pengembangan diri yang diikuti terhadap dirinya, peserta
didik, maupun bagi sekolah secara keseluruhan.
e. Butir 5 diisi dengan pendapat guru tentang permasalahan yang dihadapinya dalam meng-implementasikan hasil
berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
f. Butir 6 diisi dengan pendapat guru tentang upaya yang dilakukannya
untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam
mengimplementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
g.
Butir 7 diisi dengan pendapat guru tentang upaya yang dilakukannya
untuk mensosialisasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut
kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar sekolah.
h.
Butir 8 diisi dengan informasi tentang kegiatan atau upaya lain yang diikuti atau dilakukan guru, tetapi
kegiatan lain tersebut tersebut mendukung peningkatan kompetensi guru atau
membantu memperlancar upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar