ANALISIS
BUTIR SOAL
TAHUN
PELAJARAN 2017/ 2018
Sekolah : MAN 2 Aceh Tengah
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
: X (Seluruhnya)
Guru Bidang
Studi : Zuyyina, M. Pd
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
soal
|
No soal
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Pronoun
Announcement
Past Tense
Descriptive text
Passive Voice
Text Essay berbentuk
Narrative
Teks Essay berbentuk Descriptive
Advertisement
Teks Essay
berbentuk Descriptive
Teks Essay berbentuk Descriptive
|
Diberikan sebuah teks percakapan
pendek tentang informasi terkait jati diri
Diberikan sebuah texts pemberitahuan untuk
kelas atau teman
Diberikan soal Grammar yang menggunakan kalimat Past
Tense
Menyusun
kalimat yang meminta informasi terkait tempat wisata
Diberikan soal Grammar yang
menggunakan kalimat Passive Voice
Diberikan sebuah teks descriptive,siswa
dapat menentukan :
a. Main
idea
b. informasi
tertentu
c. Informasi
rinci
d. Gambaran
umum
e. Sinonim
Diberikan sebuah teks fungsional
pendek berbentuk announcement, siswa dapat menentukan:
a. Main idea
b. Informasi
tersurat
c. Informasi
rinci
d. Sinonym
Diberikan sebuah teks fungsional
pendek berbentuk Advertisement, siswa dapat menentukan:
a. Informasi
tersirat
b. Referensi
c. Main idea
d. Antonym
Diberikan sebuah teks Descriptive about map , siswa dapat
menentukan:
a. Gambaran umum
b. Informasi
rinci
c. Informasi
tertentu
d. Main idea
e. Referensi
Diberikan sebuah teks descriptive
dalam bentuk gambar (orang hilang), siswa dapat menentukan:
a. Gambaran umum
b. Informasi
rinci
c. Informasi
tersirat
d. Informasi
tertentu
e. Sinonym dari
kata dalam teks
|
Essay
Essay
Essay
Essay
Essay
Essay
Essay
Essay
Essay
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
ANALISIS
SOAL PILIHAN GANDA
Nama Siswa
|
Nomor Soal dan Skor
|
Jumlah Skor
|
KELOMPOK
|
|||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
|
Nauril Asni Nemah Tuah
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
100
|
KLP ATAS
|
Mahlia Ulandari
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
0
|
10
|
6
|
10
|
10
|
86
|
KLP ATAS
|
Itawari Linge
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
85
|
KLP ATAS
|
Nabila Bilkisti
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
5
|
10
|
0
|
85
|
KLP ATAS
|
Kurniawan Rezeki
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
5
|
10
|
10
|
0
|
85
|
KLP ATAS
|
Rika Ulandari
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
5
|
10
|
10
|
0
|
85
|
KLP ATAS
|
Sifa Maulida Linge
|
10
|
10
|
10
|
0
|
5
|
10
|
10
|
10
|
10
|
0
|
85
|
KLP ATAS
|
Safira Hidayah
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
0
|
80
|
KLP ATAS
|
Syahru Ramadhan
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
0
|
80
|
KLP ATAS
|
Pajri Babul Suary
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
80
|
KLP ATAS
|
Nazhifatul Hawari
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
80
|
KLP ATAS
|
Arzakia Rahmi
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
0
|
10
|
0
|
10
|
8
|
78
|
KLP BAWAH
|
Asep Sunandar
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
0
|
10
|
6
|
10
|
10
|
76
|
KLP BAWAH
|
Aulia Faturrahman
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
0
|
10
|
0
|
10
|
10
|
75
|
KLP BAWAH
|
Eki Riski Ilma Sari
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
5
|
10
|
5
|
10
|
0
|
75
|
KLP BAWAH
|
Jul Fahmi
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
5
|
10
|
10
|
0
|
75
|
KLP BAWAH
|
Kalenate Sarah
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
0
|
70
|
KLP BAWAH
|
Lisma Yanti
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
10
|
0
|
0
|
70
|
KLP BAWAH
|
Mila Jahara
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
0
|
70
|
KLP BAWAH
|
Miftahuddin
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
0
|
70
|
KLP BAWAH
|
Munawarah
|
10
|
10
|
10
|
0
|
0
|
10
|
10
|
0
|
10
|
10
|
70
|
KLP BAWAH
|
Safira Hidayah
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
10
|
70
|
KLP BAWAH
|
Rahmadaini
|
0
|
10
|
0
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
0
|
10
|
70
|
KLP BAWAH
|
Sofyan Ali
|
0
|
0
|
0
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
70
|
KLP BAWAH
|
Jumlah
skor
|
220
|
230
|
190
|
105
|
235
|
165
|
125
|
184
|
230
|
180
|
|
|
Analisis soal pilihan ganda
- Daya pembeda soal Berdasarkan hasil ujian siswa maka di peroleh data pembeda soal sebagai berikut ;
- Daya pembeda soal 1Diketahui : JA=12BA= 12 PA= 12/12= 1JB= 12 PB = 11/12 = 0,91BB = 11
DP soal nomor 1= 1-0.91= 0,91
Berdasarkan
hasil daya pembeda soal nomor satu di ketahui bahwa soal nomor satu memiliki
daya pembeda 0,91 berdasarkan kriteria soal ini
termasuk dalam katagori sangat
baik sekali, artinya soal ini harus di pertahankan untuk ujian selanjutnya
- Daya pembeda soal 2
Diketahui :
JA=12
BA= 12 PA= 12/12= 1
JB= 12 PB = 2/12 = 1
BB = 0,00
DP soal nomor 1
DP soal nomor 1
= 0.8-0.41
= 0.39
Berdasarkan hasil daya pembeda
soal nomor dua di ketahui bahwa soal nomor dua
memiliki daya pembeda 0,56 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori
Jelek, artinya
soal ini harus perbaiki untuk ujian selanjutnya
- Daya pembeda soal 3Diketahui : JA =12BA = 10 PA= 10/12= 0.83JB = 12 PB = 5/12 = 0.75BB = 11DP soal nomor 2= 0.83-0.75= 0.08Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor dua di ketahui bahwa soal nomor duamemiliki daya pembeda 0,22 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagoricukup, artinya soal ini harus di perbaiki untuk ujian selanjutnya
- Daya pembeda soalDiketahui : JA =12BA = 2 PA= 2/12= 0,16JB = 12 PB = 4/12 = 0.33DP soal nomor 4= 0,16-0.33= 0,17Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 4 di ketahui bahwa soal tersebut memilikidaya pembeda -0,6, berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori jelek,artinya soal ini tidak layak di pertahankan dan tidak boleh di ujian kan untukselanjutnya
- Daya pembeda soal no 5Diketahui : JA =12BA = 10 PA= 10/12= 0,83JB = 12 PB = 12/12 = 1BB = 12DP soal nomor 5= 0,83-1= 0,82Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 5 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda 0.82 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori buruk, artinya soal ini tidak layak di pertahankan dan tidak boleh di ujian kan untuk selanjutnya.
- Daya pembeda soal no 6Diketahui : JA =12BA = 10 PA= 10/12= 0.83JB = 12 PB = 7/12 = 0,58BB = 7DP soal nomor= 0.83-0.58= 0.25Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 6 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda 0.25 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori baik, artinya soal ini layak di pertahankan dan boleh di ujian kan untuk selanjutnya.
- Daya pembeda soal no 7Diketahui : JA =12BA = 9 PA= 7/11= 0,75JB = 12 PB = 7/12 = 0,58BB = 7DP soal nomor 7= 0.75-0.58= 0.17Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 7 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda 0,17 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori sangat baik, artinya soal ini layak di pertahankan dan boleh di ujian kan untuk selanjutnya.
- Daya pembeda soal no 8Diketahui : JA =12BA = 9 PA= 8/12= 0.66JB = 12 PB = 7/12 = 0.58BB = 7DP soal nomor 8= 0.66-0.58= 0,08Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 8 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda 0,72 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam katagori buruk, artinya soal ini tidak layak di pertahankan dan harus di buang
- Daya pembeda soal no 9Diketahui :JA =12BA = 9 PA= 9/12= 0.75JB = 12 PB = 4/12 = 0.33BB = 4DP soal nomor 9= 0.75-0.33
- = 0,42
Berdasarkan
hasil daya pembeda soal nomor 9 di ketahui bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda 0,42 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam
katagori cukup, artinya soal ini perlu ada perbaikan untuk ujian
selanjutnya.
Daya pembeda soal no 10
Diketahui :
JA =12
BA = 5 PA= 5/12= 0.41
JB = 12 PB = 6/12 = 0.5
BB = 6
DP soal nomor 10
= 0.41-0.5
= 0,82
Berdasarkan hasil daya pembeda soal nomor 10 di ketahui
bahwa soal tersebut memiliki daya pembeda 0,82 berdasarkan kriteria soal ini termasuk dalam
katagori jelek, artinya soal ini harus di buang dan tidak boleh di ujian kan untuk selanjutnya.
- Tingkat kesukaran soal
- Tingkat kesukaran soal no 1Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor satu termasuk dalam katagori Mudah
- Tingkat kesukaran soal nomor 2
Berdasarkan
hasil evaluasi soal nomor dua termasuk dalam katagori Mudah
- Tingkat kesukaran soal nomor 3Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor tiga termasuk dalam katagori Mudah
- Tingkat kesukaran soal nomor 4
Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor empat termasuk dalam katagori Sedang - Tingkat kesukaran soal nomor 5
Berdasarkan hasil evaluasi
soal nomor lima terrmasuk
dalam katagori Mudah
- Tingkat kesukaran soal nomor 6
Berdasarkan hasil evaluasi
soal nomor enam termasuk
dalam katagori Sedang
- Tingkat kesukaran soal nomor 7
Berdasarkan hasil evaluasi
soal nomor tujuh termasuk
dalam katagori Sedang
- Tingkat kesukaran soal nomor 8
Berdasarkan hasil evaluasi
soal nomor delapan termasuk
dalam katagori Mudah
- Tingkat kesukaran soal nomor 9
Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor Sembilan termasuk dalam katagori Sedang
- Tingkat kesukaran soal nomor 10
Berdasarkan hasil evaluasi soal nomor sepuluh termasuk dalam katagori Sedang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar